Sukses

Menteri Rini Bagikan 3.000 Paket Sembako Murah ke Warga Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Menteri BUMN Rini Soemarno kembali menyalurkan 3.000 paket sembako murah ke masyarakat di lapangan PJKA, Pacar Keling Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya hari ini.

Program pangan murah yang diselenggarakan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III tersebut menyediakan paket sembako senilai Rp 42.500 yang dijual dengan harga Rp 10 ribu  kepada warga kurang mampu. Satu paket sembako berisi 1 kg beras premium, 500 gram gula pasir, 250 gram garam beryodium, satu kaleng sarden besar 420 gram, dan 1 liter minyak goreng.

Menurut Rini, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program satu juta paket pangan murah untukmasyarakat di seluruh Indonesia yang disalurkan hingga Idul Fitri 1440 H. Ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan Kementerian BUMN dan sinergi seluruh perusahaan BUMN.

 

"Mudah-mudahan, paket sembako yang dibagikan bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Tambaksari, dan warga masyarakat lainnya karena satu juta paket disalurkan selama 3 bulan ini dan disini salah satunya," ungkap dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (3/5/2019).

Keberadaan pasar murah dianggap sangat efektif dalam menjawab keresahan masyarakat untuk menyikapi kondisi harga sembako tinggi menjelang lebaran.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menyatakan kehadiran pasar murah agar warga dapat merasakan kehadiran BUMN di tengah- tengahmasyarakat.

“Alhamdulilah hari ini kami bisa berbagi bersama warga sekitar Tambaksari, menyalurkan 3.000 paket sembako, semoga bisa meringankan kebutuhan pokoknya,” pungkas Doso.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Camat Tambaksari, Ridwan Mubarun saat ditemui di lokasi, mengungkapkan bahwa atas nama wargaTambaksari menyampaikan terima kasih kepada BUMN khususnya Pelindo III yang sudah mengadakan acara ini dengan membagi 3 ribu paket sembako yang dijual sangat murah kepada warga Tambaksari.

“Ini sangat membantu warga karena biasanya menjelang lebaran Idul Fitri ini kebutuhan masyarakat lebih meningkat. Harapan saya ke depan tiap tahun bisa diadakan acara seperti ini di Tambaksari, saya sangat berterima kasih,” ujarnya.

Selama bulan Ramadan, Pelindo III telah menyalurkan total 50 ribu paket sembako yang dibagikan tersebar di seluruh pelabuhan-pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo III. Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat menjelaskan bahwa Pelindo III juga telah membagikan paket-paket sembako murah dihampir setiap pelabuhan yang dikelola Pelindo III.

“Ini adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, di mana Pelabuhan juga tidak bisa lepasdari warga yang selama ini telah mendukung perkembangan wilayah kepelabuhanan,” terangnya.

“Pelaksanaan kegiatan hari ini berlangsung lancar. Tidak ada aksi saling dorong atau berebutmendapatkan sembako murah. Warga cenderung sangat tertib dalam mengikuti kegiatan ini, terimakasih atas bantuan instansi setempat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan yang telah turut aktifmembantu Pelindo III menyalurkan sembako murah dalam rangka Idul Fitri 1440 H dan wujud nyataBUMN Hadir untuk Negeri,” tutup Faruq.

3 dari 4 halaman

Gelar Mudik Gratis 2019, BUMN Biayai Satu Pemudik Rp 400 Ribu

BUMN nasional secara bersamaan menggelar acara mudik bersama pada momen Lebaran tahun ini. Program bertajuk Mudik Bareng BUMN 2019 ini menghabiskan dana hingga Rp 100 miliar. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dari total anggaran Rp 100 miliar tersebut diberikan utuk fasilitas perjalanan untuk para peserta mudik dengan nilai rata-rata Rp 400.000. Jumlah tersebut, termasuk untuk keberangkatan hingga perjalanan pulang kembali.

"Jadi total cost, Rp 100 miliar. Jadi Rp 400.000 per orang rata-rata," katanya usai melepas keberangkatan peserta mudik, di GBK, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, melepas sebanyak 26.018 pemudik gratis dalam program Mudik Bersama BUMN 2019 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5). Dari jumlah tersebut, terdapat 526 bus yang terlibat melalui sinergi 72 BUMN.

Menteri Rini mengatakan, dalam program mudik gratis tahun ini telah diikuti oleh 104 BUMN. Di mana keterlibatan BUMN dalam hal ini mengalami peningkatan sebanyak 67,74 persen dibandingkan pada 2018 yang hanya diikuti oleh 62 BUMN.

Sementara, pemudik yang diberangkatkan melalui program Mudik Bareng BUMN 2019 melalui moda trasportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara sebanyak 250.474 pemudik. Angka itu naik sebesar 22,69 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebanyak 204.146 pemudik.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: