Sukses

Pedagang Jamu Makin Sukses, Peserta Mudik Bareng Sido Muncul Berkurang

Dengan program mudik gratis, Irwan Hidayat berharap Sido Muncul dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya pedagang jamu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melepas keberangkatan 12 ribu pedagang jamu yang ikut dalam prgram Mudik Gratis Sido Muncul pada Kamis ini. Pelepasan tersebut diadakan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Setiap tahun, Sido Muncul selalu menggelar acara mudik gratis bagi pedagang jamu. Untuk tahun ini adalah penyelenggarakan ke-30.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, dalam program mudik gratis tahun ini, Sido Muncul telah menyiapkan 189 bus yang siap mengantarkan para pemudik ke kampung halaman. Terdapat 114 bus yang diberangkatkan dari Jakarta dan sisanya diberangkatkan dari Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung.

"Ini sudah tradisi, dan 30 kali mengadakan Mudik Gratis adalah sebuah mujizat bagi Sido Muncul," ujar Irwan, Kamis (30/5/2019).

Para pemudik ini akan diberangkatkan ke delapan kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul.

"Untuk tahun ini, jumlah pemudik yang ikut berkurang dibanding tahun kemarin. Soalnya ekonomi para pedagang jamu kan semakin membaik baik di sini maupun di daerah, jadikan pada enggak ke Jakarta. Terus juga banyak perusahaan atau institusi yang juga menyelenggarakan mudik secara gratis seperti ini,” ujarnya.

Meskipun jumlah pemudik berkurang, namun Irwan mengatakan tahun ini agak sedikit sulit untuk mencari dan menemukan bis yang akan digunakan.

“Tahun ini kan banyak sekali yang mengadakan mudik gratis, mulai dari perusahaan, pemerintah, bahkan kemarin pemda juga ikut ngadain hal yang sama jadi sangat sulit mencari bus. Selama 29 tahun kita selalu pakai Hiba Utama tapi karena sulit kita jadi pakai ya campur tapi tetap bus yang aman dan terpercaya tentunya,” jelasnya.

Sebelum melakukan pelepasan, Irwan memantau keadaan bus dan para pemudik yang sudah siap dan berada di dalam bus.

Dengan adanya program mudik gratis ini, Irwan berharap Sido Muncul dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya pedagang jamu, pedagang asongan dan pembantu rumah tangga yang ingin kembali ke kampung halamannya.

“Saya berharap para pemudik ini bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat, dan berkumpul dengan keluarga di sana,” tuturnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat Membantu

Program mudik gratis ini tentunya disambut bahagia oleh para pemudik diantaranya Siti (40), yang sudah dua kali mengikuti program mudik gratis bersama Sido Muncul ini.

“Enak sampe tujuan, bisnya enak. Lumayan membantu banget, apalagi saya kalau mudik harus beli empat tiket,” ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pemudik lainnya yaitu Setitiningsih (52), yang sudah 18 kali ikut mudik bersama dengan perusahaan jamu ini.

“Lumayan alhamdulillah, membantu banget. Jalannya enak apalagi sekarang sudah jalan tol semua jadi tidak perlu kayak tahun kemarin,” jelasnya.

Acara pelepasan ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat seperti Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Walikota Jakarta Timur, M Anwar, dan pejabat kepolisian serta pihak terkait lainnya.

Tidak hanya itu saja, Sido Muncul juga turut mengundang beberapa artis ihu kota untuk menghibur para pemudik yang akan berangkat diantaranya Ussy Sulistyawaty, Baim Wong, dan Iko Uwais.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.