Sukses

6 Cara Hilangkan Pegal-Pegal Saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan yang jauh dapat memicu rasa pegal, terutama di bagian otot leher, pinggang, kaki, dan tangan. Hal ini karena waktu duduk yang terlalu lama dan minimnya pergerakan selama di perjalanan, sehingga otot-otot tubuh jadi kaku dan tegang.

Rasa pegal sebenarnya bisa hilang sesampainya di kampung halaman, tapi sifatnya hanyalah sementara. Setelah 30-45 menit kemudian, rasa pegal akan kembali menyelimuti sekujur tubuh.

Untuk menghilangkan pegal-pegal hingga tuntas, coba praktikkan 6 cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com. Pegal hilang, mudik Lebaran pun menyenangkan.

1. Cari Posisi Duduk Paling Nyaman

Posisi duduk penting diperhatikan, terutama jika perjalanan jauh atau waktu tempuhnya lebih dari 4 jam. Sebelum terlanjur pegal-pegal, sebaiknya carilah posisi duduk yang paling nyaman.

Sandarkan punggung ke tempat duduk dan luruskan kaki agar posisi duduk Anda menjadi lebih santai. Hindari posisi duduk yang membungkuk, kepala miring, dan lutut yang ditekuk.

Posisi tersebut tidak hanya membuat tubuh Anda pegal-pegal, tapi juga menyulitkan Anda saat ingin tidur selama di perjalanan.

2. Bila Setir Mobil Sendiri, Luangkan Waktu untuk Istirahat

Bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan terlalu bernafsu untuk melanjutkan perjalanan jika tubuh Anda sudah terasa pegal. Sebaiknya ambil waktu sekitar 10-15 menit untuk beristirahat.

Manfaatkan waktu yang singkat ini guna meregangkan otot-otot yang sudah kaku atau jalan-jalan keluar mobil untuk menghirup udara segar. Apabila jarak tempuhnya sangat jauh, sebaiknya pertimbangkan menyewa sopir cadangan.

Sehingga ketika Anda benar-benar lelah, setidaknya masih ada orang yang bisa dimintai tolong untuk menyetir. Dengan demikian, perjalanan tetap lancar, Anda dan keluarga pun bisa sampai ke tempat tujuan tepat waktu.

2 dari 4 halaman

3. Pakailah Bantal Leher Selama di Perjalanan

Agar posisi kepala tetap tegak, sebaiknya gunakan bantal leher selama di perjalanan. Bantal leher akan membantu Anda untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, sehingga otot leher tidak terasa pegal setelah bangun tidur nanti.

Jika bantal leher dirasa masih kurang nyaman, Anda bisa membawa bantal tambahan yang berukuran kecil. Pastikan bantal leher terbuat dari bahan yang tebal dan empuk untuk meningkatkan kenyamanan saat Anda menyenderkan kepala di bantal.

4. Sesekali, Lakukan Peregangan Ringan

Leher, kepala, kaki, dan bahu merupakan bagian-bagian tubuh yang paling sering terasa pegal saat menempuh perjalanan jauh. Maka dari itu, selalu luangkan waktu untuk melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian tersebut.

Anda bisa menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan serta atas-bawah, mengangkat bahu, atau meluruskan kaki di kursi. Tentunya Anda tidak perlu memarkirkan kendaraan pribadi atau keluar dari tempat duduk untuk melakukan peregangan ini.

Sebab, Anda bisa melakukannya di dalam kendaraan saat terjebak macet sekalipun. Peregangan ringan akan membantu Anda untuk menghilangkan pegal yang berarti. Tentu saja, peregangan ini bisa juga dilakukan bagi yang menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, bus, atau pesawat.

3 dari 4 halaman

5. Oleskan Krim Pegal Linu

Penggunaan krim pegal, minyak gosok, atau balsem dipercaya ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal di sekujur tubuh. Bawalah krim pegal ini untuk menemani perjalanan mudik yang panjang.

Oleskan kapanpun dibutuhkan agar otot-otot tubuh kembali tenang, sehingga Anda merasa nyaman untuk melanjutkan perjalanan. Bagi yang kurang menyukai aroma krim pegal atau minyak gosok, sebaiknya ganti dengan minyak spray.

Semprotkan ke bagian kaki, leher, punggung, atau bahu yang terasa pegal untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

6. Pertimbangkan Melakukan Cold Therapy

Sudah pernah dengar istilah ini sebelumnya? Cold therapy merupakan teknik menghilangkan ketegangan dan kekakuan otot tubuh dengan menggunakan air dingin.

Tidak perlu menggunakan es batu karena Anda bisa mengompres otot menggunakan botol mineral dingin yang bisa didapatkan di supermarket atau warung terdekat.

Tempelkan botol mineral ke bagian otot yang kaku dan pegal selama 3-5 menit. Berikan sedikit tekanan untuk mendapatkan efek rileks yang maksimal, sehingga Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman seperti semula.

4 dari 4 halaman

Hindari Aktivitas yang Memberatkan Selama Mudik

Mudik bukan hanya sekadar momen untuk merayakan Lebaran dan berkumpul bersama keluarga, tapi juga momen untuk bersantai sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Jadi, hindari aktivitas-aktivitas yang terlalu berat selama mudik Lebaran. Jadikan mudik seperti halnya liburan untuk mengembalikan tenaga yang sempat hilang selama menempuh perjalanan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jelang Arus Mudik, Menhub Budi Karya Sidak Pelabuhan Laut di Batam
Artikel Selanjutnya
Asuransi Khusus Mudik Tak Sampai Rp100 Ribu