Sukses

Jokowi: RI Pasang Radar Maritim di 11 Titik demi Jaga Kedaulatan

Jokowi pun menuturkan, dirinya sama sekali tidak ragu akan kekuatan TNI dan pertahanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto terus menyentil terkait anggaran pertahanan RI yang terbilang kecil.

Ini disinyalir akan menyebabkan pertahanan pengamanan RI terhadap luar negeri cenderung lemah.

Pada kesempatan ini, Capres nomor urut 01 Jokowi membantah pertahanan keamanan RI lemah. Menurut dia, pemerintah bahkan cukup berkomitmen menjaga industri kemaritiman Indonesia.

"Penguasaan teknologi persenjataan cyber ini sangat diperlukan kita kedepan. Pemasarang radar maritim kita sudah 11 titik dilakukan dalam rangka jaga kedaulatan RI," tutur dia, Sabtu (30/3/2019).

Kendati begitu, Jokowi mengakui, saat ini anggaran pertahanan RI memang terbilang kecil jika dibandingkan negara-negara tetangga. 

Namun, menurut dia, pemerintah harus memiliki skala prioritas ketika berbicara membangun suatu negara termasuk di dalamnya ketika membangun Indonesia.

"Meski masih kecil dibandingkan negara-negara tetangga. Tetapi kan harus ada skala prioritas. Kita sudah ke infrastruktur, 5 tahun kedepan SDM. Mungkin ketiga bisa jadi anggaran pertahanan," ungkapnya.

Jokowi pun menuturkan, dirinya sama sekali tidak ragu akan kekuatan TNI dan pertahanan Indonesia. "Saya masih percaya kepada TNI untuk pertahankan kedaulatan kita," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Debat Capres

Video Terkini