Sukses

Lakukan 4 Hal Ini agar Tak Jadi Korban Skimming ATM

Liputan6.com, Jakarta Kasus duplikasi kartu (skimming) pada sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) miliki perbankan nasional kembali mencuat. Tentunya ini sangat meresahkan dan menimbulkan traumatik bagi orang-orang yang hendak bertransaksi melalui mesin ATM.

Bagaimana tidak? sudah ada ribuan nasabah yang menjadi korban dari kejahatan skimming ATM ini. Oleh karena itu, nasabah dianjurkan untuk dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi di mesin ATM.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara untuk dapat mencegah tindak kejahatan ini agar tidak menimpa kita? Tenang, karena ternyata ada cara yang bisa Anda lakukan. Mau tahu apa saja?

Berikut tipsnya yang dikutip dari laman [Laruno.com](http://laruno.com/ ""):

1. Berhati-hatilah menentukan lokasi untuk menggunakan mesin ATM

Hindarilah bertransaksi menggunakan ATM di pusat perbelanjaan, toko-toko, restoran terutama bandara. Tempat-tempat ini begitu rentan terhadap kasus pencurian. Intinya, hindarilah untuk menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di luar bank yang tidak ada penjagaannya.

 

2 dari 4 halaman

2. Telitilah dalam memperhatikan kondisi ATM

Ketelitian menjadi kunci utama untuk terhindar dari kasus skimming ATM. Perhatikanlah kembali mesin ATM yang akan Anda gunakan. Perhatikan keaslian slot kartunya dan bukan tempelan. Peka lah jika Anda merasakkan ada keganjalan di mesin ATM tersebut.

 

3 dari 4 halaman

3. Ingatlah untuk selalu menutupi tangan saat Anda memasukkan PIN

Meskipun disekitar mesin ATM tersebut tidak ada orang yang memperhatikan Anda, namun tetaplah waspada. Karena mungkin saja ada kamera pengintai yang selalu mengawasi gerak gerik Anda sehingga mengetahui password Anda.

 

4 dari 4 halaman

4. Jangan lupa untuk mengecek saldo secara rutin

Hal yang terakhir yaitu, ingatlah untuk selalu mengecek saldo Anda secara rutin. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, akan membuat Anda dapat dengan cepat mengetahui apabila saldo berkurang dengan tidak semestinya.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek mutasi rekening untuk mengetahui daftar transaksi-transaksi dan dengan mudah mengetahui jika ada transaksi-transaksi yang aneh pada akun Anda.