Sukses

3 Jenis Investasi untuk Pemula yang Menguntungkan, Cocok untuk Anak Muda

Jenis investasi ini bisa kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kurang menyadari pentingnya investasi sejak dini. Beberapa anak muda cenderung suka menggunakan uangnya untuk bersenang-senang bersama teman-teman. Selain itu, banyak anak muda yang beranggapan bahwa investasi identik untuk orang yang dewasa.

Bersenang-senang pada masa muda memang tidak dilarang, tetapi menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan juga tak kalah pentingnya. Meski usia masih muda, cukup penting untuk mempersiapkan masa pensiun sedari dini.

Oleh karena itu, penting untuk kamu memikirkan investasi sedari dini saat kamu masih berada pada masa produktif. Karena, mempersiapkan masa pensiun tak hanya memikirkan mengenai hal yang ingin dilakukan selama masa pensiun, tapi juga biaya untuk masa pensiun.

Buat kamu yang masih kebingungan memilih jenis investasi yang tepat, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019) beberapa jenis investasi untuk pemula yang menguntungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas tentang Investasi

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Seseorang yang berinvestasi disebut sebagai investor. Investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Menurut Sunariya, penulis buku "Pengantar Pengetahuan Pasar Modal" pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, baik dari bencana alam, faktor manusia, atau ketertiban hukum.

3 dari 4 halaman

Jenis Investasi

Berikut jenis investasi yang bisa kamu pilih. Sesuaikan dengan tujuan dan budget kamu ya.

- Reksadana

Bagi kamu yang punya modal tak terlalu besar, reksadana bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk berinvestasi. Bahkan, hanya dengan modal Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa berinvestasi. Menariknya, tingkat pengembaliannya pun bisa mencapai 20 persen.

Bahkan saat berinvestasi kamu bisa dibantu oleh manajer investasi. Kamu pun dapat memilih sendiri manajer investasi yang terpercaya dan produk yang relatif aman, lalu menyimpan uang kamu di sana.

Dengan kemajuan teknologi dan internet, kini kamu juga bisa membeli reksadana secara online, lho. Bahkan, beberapa reksadana online juga memberikan modul pembelajaran yang bisa membantu kamu. Tertarik investasi reksadana?

- Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. Harga emas yang cenderung meningkat sehingga investasi itu dinilai cukup menguntungkan. dalam menentukan harga emas, pihaknya mengacu pada dua hal yaitu harga emas di pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Tentu ini menjadi investasi yang mudah serta menguntungkan di masa depan nantinya.

Selain itu, investasi emas juga cocok bagi kamu yang memiliki keuangan terbatas. Kamu bahkan bisa membeli emas dalam bentuk koin atau batangan seberat 5 hingga 25 gram sesuai kondisi keuangan. Belilah emas di tempat terpercaya misalnya di lembaga yang dipercayakan pemerintah untuk mengurangi risiko penipuan.

- Properti

Tak bisa dihindari, bahwa harga properti cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Properti bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Investasi dalam bentuk properti juga akan sangat menguntungkan untuk masa pensiun. Salah satu jenis investasi properti yang paling banyak dilakukan dengan menyewakan properti.

Dengan menyewakan, kamu bisa mendapatkan sumber pendapatan yang cukup stabil meskipun akan terkena biaya-biaya perawatan. Kamu bisa menyewakan rumah, apartemen, kios, dan lainnya hingga menjadi investasi yang menguntungkan.

Meskipun, investasi ini tidak akan memberikan kekayaan dengan cepat. Namun, akan menjadi tabungan yang cukup besar pada masa depan nantinya. Tetapi sebelum melakukan investasi ini, banyak hal yang perlu diperhatikan karena berisiko cukup tinggi. Sebaiknya pelajari lebih lanjut ataupun bertanya kepada yang ahli tentang investasi ini.

4 dari 4 halaman

Tips Berinvestasi

Berikut beberapa tips investasi agar tidak salah memilih jenis investasi.

1. Tentukan tujuan

Langkah paling pertama yang harus dilakukan seseorang dalam berinvestasi adalah menetapkan tujuan investasi. Tujuan ini akan menentukan arah investasi, seperti jangka waktu investasi yang dipilih dan investasi jenis apa yang sesuai. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak sekadar ikut-ikutan atau terpengaruh orang lain dalam berinvestasi.

2. Pilih jenis investasi yang sesuai

Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai, barulah kamu memilih investasi yang cocok dengan target. Jika target berjangka panjang, kamu bisa memilih jenis investasi yang berisiko tinggi tetapi memiliki hasil yang juga tinggi.

Sebaliknya, jika target yang ingin dicapai merupakan jangka pendek, pilihlah investasi berisiko rendah, misalnya lewat deposito. Pelajari benar-benar produk investasi tersebut, mulai dari cara kerja produk hingga legalitas penerbit.

3. Jangan Menunda

Yang paling utama dari berinvestasi di usia muda adalah mulai secepatnya. Jangan menunggu atau menunda-nunda. Mulailah dengan menyisihkan minimal 10 persen dari penghasilan setiap bulannya, dengan begitu investasimu bisa berjalan.

4. Konsisten

Berinvestasi tidak bisa main-main. Dibutuhkan kekonsistenan dan komitmen agar hasil yang ditargetkan bisa dicapai. Apalagi bila investasi yang disasar adalah yang berjangka panjang. Maka dari itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari diri kamu.

Nah itu tadi ulasan mengenai jenis inestasi yang cocok untuk pemula yang menguntungkan. Kamu bisa memilih sesuai denagn kebutuhan dan budgetmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini