Sukses

Memulai Investasi Sejak Dini, Apa Keuntungannya?

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dari memulai investasi sejak dini? Ini dia ulasan

Liputan6.com, Jakarta - Namanya investasi, tentu bisa mendatangkan keuntungan untuk siapa saja. Asalkan, tahapannya dilakukan dengan benar. Kamu yang mau mendapatkan keuntungan itu bisa memulainya sejak dini, ya!

Daripada kamu habiskan uang dan gaji untuk hidup berfoya-foya, lebih baik disimpan untuk dapat keuntungan ke depannya.

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat dari memulai investasi sejak dini? Ini dia ulasan dari Swara Tunaiku!

1. Belajar Perencanaan Jangka Panjang

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapat dengan investasi sejak dini adalah bisa belajar perencanaan jangka panjang. Ingat, investasi bukanlah tabungan jangka pendek semata. Butuh perencanaan perekonomian yang matang sehingga menghasilkan keuntungan di masa depannya.

Bila mau belajar investasi sejak dini, kamu bisa berlatih perencanaan keuangan sejak dini juga. Jadi, bila nanti kamu sudah memiliki anak dan ia juga mulai beranjak dewasa, kamu tak akan bingung dengan yang namanya masalah keuangan. Sebab, kamu punya hal yang bisa dipanen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Merintis Bisnis Sejak Dini

Ketahuilah, berinvestasi itu bisa diibaratkan seperti sedang berbisnis. Apa yang kamu dapat dari investasi itu bisa dikatakan sebagai keuntungan dari bisnis yang kamu kelola selama ini. Apalagi, bila investasi yang kamu jalankan sekarang ini berbentuk saham.

Dengan strategi bisnis yang benar dalam berinvestasi, kamu tentunya juga bisa mengelola usaha dengan benar. Nah, jika hal ini terjadi, kamu bisa sekalian belajar merintis bisnis dari muda.

3. Uang Bekerja untukmu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, investasi bisa melatihmu untuk bisa merencanakan masalah keuangan jangka panjang. Hal ini juga termasuk dalam bisnis usaha. Dengan menanamkan modal, kamu sama saja dengan sudah memulai bisnis. Sebagai contoh, kamu mulai berinvestasi emas.

Setiap tahunnya, tentu harga emas akan naik mengikuti skema pasar yang ada. Bila sudah begini, kamu tak perlu repot melakukan hal ini dan itu. Cukup dengan menyimpan emas saja, nanti jumlah dana yang akan kamu dapat terus bertambah. Itu baru emas. Bagaimana bila investasimu adalah tanah dan bangunan? Jelas keuntungan yang bisa didapat lebih besar.

3 dari 3 halaman

4. Muda Foya-Foya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga

Muda-mudi sekarang ini sering sekali melempar guyon bahwa muda adalah masa foya-foya, tua kaya raya, dan akhirnya mati masuk surga. Apa guyonan ini benar? Bisa saja bila Anda mulai berinvestasi sejak dini.

Jika Anda berinvestasi sejak dini meskipun dalam jumlah yang tak besar dan Anda tetap bisa memenuhi gaya hidup mewah, besar kemungkinan kamu bisa kaya ketika tua nanti. Namun, tentunya kamu harus bekerja keras agar penghasilanmu terus bertambah.

5. Punya Penghasilan di Hari Tua

Tentu saja, keuntungan yang satu ini adalah yang paling mungkin terwujud ketika kamu memulai investasi sejak usia dini. Kamu bisa memiliki penghasilan di hari tua tanpa harus bekerja keras lagi. Namun, tentunya kamu harus memulai semua itu dari sekarang.

Semakin cepat kamu memulai investasimu, hasil yang akan kamu dapat juga lebih menjanjikan. Selain itu, jangan lupa untuk disiplin dan atur keuangan sebaik mungkin sejak dini. Dengan begitu, kamu bisa punya penghasilan lancar di hari tua.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa kamu dapat bila mulai berinvestasi di usia tua. Jadi, tak ada salah sama sekali bila memulai sejak dini, kan? Malah, banyak keuntungan yang bisa kamu dapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.