Sukses

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Lakukan ini Sejak Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Memiliki minat yang tinggi ke dunia bisnis sejak masih kuliah, kamu mungkin akan menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses di usia belia.

Bisnis memang tidak mengenal usia. Belakangan bahkan kita mengenal beberapa pebisnis muda yang sudah meraih sukses sejak masih usia belasan tahun.

Karakter pebisnis seperti ini tentu sudah bisa dilihat sejak muda, bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah. Ketertarikan seseorang pada dunia bisnis bisa saja muncul sejak masih kuliah atau bahkan sekolah.

Beberapa pebisnis sukses bahkan tidak pernah menyelesaikan sekolah dan justru memilih untuk menekuni bisnis sejak dini. Jika kamu termasuk salah satu di antara calon pebisnis muda ini, maka hal tersebut tentu sudah bisa dilihat dari pola pikir dan juga berbagai kebiasaan yang kamu lakukan selama ini.

Nah, agar keinginan kamu menjadi pebisnis sukses, lakukan hal ini selagi masih dibangku kuliah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Aktif di Berbagai Komunitas, Termasuk Kegiatan di Luar Kampus

Bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas, tentu tidak hanya akan menjalani rutinitas yang sama setiap harinya. Kamu tidak hanya aktif di kampus dan mengikuti kuliah semata, namun bisa juga aktif di berbagai komuntitas lainnya di luar kampusmu.

Memiliki pergaulan luas dan juga aktivitas yang bermanfaat, semua ini tentu akan membuat wawasanmu juga menjadi lebih luas jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Cara bergaul dan menghabiskan waktu akan sangat memengaruhi kesuksesanmu, dan hal yang sama juga berlaku di dalam dunia bisnis.

2 dari 4 halaman

2. Menikmati Proses Belajar dan Tidak Berpatokan pada IP Semata

Indeks Prestasi (IP) pas-pasan dan prestasi belajar yang biasa-biasa saja kerap menjadi masalah untuk sebagian orang, namun tidak untuk kamu si calon pebisnis muda. Kamu tidak terbiasa berpatokan dengan hasil akhir berupa nilai dan juga IP yang didapatkan dari hasil kuliah.

Tapi justru kamu lebih tertarik pada semua ilmu yang bisa didapatkan di bangku kuliah. Kamu menikmati setiap proses belajar, bahkan yang materinya berada di luar mata kuliah yang diambil.

Hal-hal seperti ini tetap positif, mengingat ilmu yang kamu dapatkan dari proses ini juga tentu tak kalah pentingnya bagi masa depanmu nanti.

3. Suka Mengikuti Seminar dan Aktivitas Bermanfaat Lainnya

Berada di kampus dan menghabiskan waktu dengan nongkrong bersama teman-teman, hal ini merupakan aktivitas yang identik dengan mahasiswa kebanyakan. Tapi jika ternyata suka dengan berbagai seminar dan juga aktivitas bermanfaat lainnya, bisa jadi kamu termasuk mahasiswa yang berbeda dari yang lainnya.

Kamu akan memiliki rasa penasaran dan juga dengan senang hati mencari ilmu melalui aktivitas seminar, terutama yang berkaitan dengan minatmu.

3 dari 4 halaman

4. Senang Presentasi dan Memaparkan Berbagai Ide

Presentasi bukan hal yang menyebalkan dan menyulitkan untukmu, sebab kamu bahkan begitu menyukainya. Kamu menikmati proses ini dengan baik, termasuk memaparkan berbagai ide cemerlangmu kepada banyak orang.

Kamu merasa memiliki ruang yang tepat dan leluasa untuk menyampaikan isi kepalamu kepada banyak orang. Sehingga wajar saja jika presentasi selalu menjadi hal menyenangkan untukmu.

5. Suka dengan Ujian Berbentuk Esai

Bukan hanya memilih jawaban A, B, C, atau bahkan D, kamu justru lebih suka dengan bentuk ujian esai yang membutuhkan jawaban panjang. Menjabarkan berbagai hal dan juga pemikiran bukan sesuatu yang sulit untukmu, bahkan ketika sedang mengikuti ujian sekalipun.

4 dari 4 halaman

6. Tidak Begitu Sibuk dengan Urusan Mencari Pekerjaan

Bagi kebanyakan mahasiswa, lulus kuliah akan identik dengan aktivitas kesibukan mencari lowongan pekerjaan. Namun sebaliknya, kamu akan sibuk memikirkan apa yang akan dilakukan dan bagaimana kamu membangun bisnis secepatnya setelah wisuda nanti.

Kenali dan Kembangkan Potensi Diri sejak Sekarang

Meski kamu masih kuliah, bukan tidak mungkin bakat bisnismu sudah terlihat sejak sekarang. Pastikan kamu mengenali bakat tersebut dengaan baik melalui aktivitas dan berbagai kebiasaan selama ini. Sehingga kamu bisa menggalinya secara maksimal.

Kenali dan kembangkan bakat bisnis sejak sekarang, agar kamu bisa menjadi pengusaha muda yang sukses di masa yang akan datang.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tempat Ngopi Paling Kece di Jakarta
Artikel Selanjutnya
4 Cara Tetap Produktif di Akhir Pekan