Sukses

KAI Bakal Kerahkan Kereta Api Baru di Mudik Lebaran 2019?

Tahun lalu, KAI memesan ratusan kereta baru. Apakah bisa dikerahkan semua saat lebaran 2019?

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna kereta api sudah bisa memulai memesan tiket pada Senin besok (25/2/2019). Jumlah tempat duduk yang tersedia per hari juga meningkat yakni 247.010 per hari selama periode lebaran 2019 dari H-10 hingga H+10.

"Kapasitas atau tempat duduk yang tersedia itu per harinya itu jumlahnya 247.010 tempat duduk per hari," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam konferensi pers pada Minggu (22/2/2019) di posko Stasiun Gambir, Jakarta.

Total angka kapasitas tempat duduk tersebut naik 5 persen dari tahun sebelumnya, yakni 236.210 kereta. Lantas bagaimana nasib kereta api yang dipesan dari PT Inka tahun lalu?

Edi menyebut kereta baru berpotensi dapat menjadi kereta api tambahan, meski harus menunggu kepastian.

"Kereta baru itu tidak bisa serta merta kita operasikan, kita harus sertifikasikan, meminta izin dari departemen. Atas dasar itu nanti kita bisa mengatakan ini bisa dioperasikan saat operasi lebaran" ujar Edi.

"Total yang kita beli 438 kereta," ucap Edi. "Tapi apakah dia bisa sebelum lebaran? Apa dia selepas lebaran? Kita butuh kepastian. Belum tahu berapa bisa kita terima, dalam tanda kutip, sertifikasi," jelasnya.

VP Public Relations PT KAI Agus Komarudin menambahkan, dari 438 kereta api yang terdiri atas 38 trainset, sudah ada 26 trainset beroperasi. Sisanya masih dalam sertifikasi maupun produksi.

"Pemesanan 438 kereta (38 trainset), yang sudah beroperasi 26 trainset. Selanjutnya yang sudah jadi tapi belum operasi ada 3 trainset masih uji sertifikasi, dan 9 trainset masih progres produksi INKA," jelas Agus yang berharap proses bisa selesai sebelum Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jurus Dapat Diskon Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2019

Arus mudik Lebaran akan segera dimulai. Bagi yang yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kini tiket untuk mudik sebentar lagi sudah dapat dibeli.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, pihaknya kembali menjadi channel official PT KAI untuk penjualan tiket kereta pada 2019.

"Kita akan jadi channel official dari H-90 tapi kita belum dapat confirmation pastinya kapan. Tapi sudah dekat, minggu-minggu ini(tiket sudah dapat dibeli)," kata Gaery dalam acara konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019.

Dia mengungkapkan, untuk lebih memberikan layanan terbaik pada masa penjualan tiket keretaapi untuk Lebaran, tiket.com memberikan promo potongan Rp. 30.000; yang mulai berlaku 18 hingga 24 Februari 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.