Sukses

5 Fakta Sscasn.bkn.go.id & Ssp3k.bkn.go.id Sejak Dibuka bagi Pelamar PPPK 2019

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun 2019, pemerintah membuka perekrutan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Pemerintah memulai tahap pertama dari Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16.00 WIB.

Rekrutmen P3K pada tahap I nantinya akan menyasar pada Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh, Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013, dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

Berikut 5 fakta portal sscasn.bkn.go.id dan ssp3k.bkn.go.id sejak dibuka bagi pelamar PPPK 2019 yang berhasil Liputan6.com rangkum Selasa (12/2/2019)

2 dari 6 halaman

1. Dibuka Serentak pada 8 Februari 2019

Pendaftaran PPPK akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) via https://sscasn.bkn.go.id yang dapat diakses secara serentak pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16.00 WIB.

Sama seperti rekrutmen CPNS 2018 lalu, proses pendaftaran dapat dilakukan melalui portal resmi yang diterbitkan oleh pemerintah.

Namun, rupanya portal yang digunakan untuk mendaftar PPPK 2019 berbeda dari portal pendaftaran CPNS 2018.

Rekrutmen PPPK 2019 calon peserta dapat mendaftarkan dirinya melalui https://sscasn.bkn.go.id. Portal ini mulai dapat diakses pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16.00 WIB lalu.

3 dari 6 halaman

2. Portal SSCASN

Menurut keterangan pada situs sscasn.bkn.go.id , SSCASN adalah Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran PPPK, PNS, dan Sekolah Kedinasan secara Nasional.

SSCASN dibentuk sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi Aparatur Sipil Negara ke seluruh Instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional. SSCASN dapat diakses dengan alamat sscasn.bkn.go.id.

Pada situs SSCASN, terdapat 3 portal yang menghubungkan situs resmi pendaftaran ASN di antaranya adalah PNS dengan portal sscn.bkn.go.id, PPPK dengan portal ssp3k.bkn.go.id, dan Portal pendaftaran Pendidikan Kedinasan yang sedang dalam pembentukan.

Masing-masing portal ini akan melayani pendaftaran para calon ASN sesuai dengan kebutuhannya.

4 dari 6 halaman

3. Portal ssp3k.bkn.go.id Khusus bagi Pendaftar PPPK 2019

Portal ssp3k.bkn.go.id sendiri merupakan bagian dari portal SSCASN yang dikhususkan bagi pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Di sini terdapat informasi mengenai alur rekrutmen PPPK 2019, melakukan registrasi, dan mengetahui lebih lanjut informasi mengenai PPPK 2019. Portal ini sudah dapat diakses secara umum.

5 dari 6 halaman

4. SSCASN Sempat Down

Meskipun sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan proses pelaksanaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan berlangsung aman dibandingkan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 lalu.

Namun faktanya, pada awal pembukaan portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) situs ini sempat down.

Saat dihubungi via telepon, Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan, pun mengatakan hal yang berbeda, saat itu dapat mengakses portal tersebut. Ridwan pun menambahkan saat ini portal tersebut hanya berisikan flyer informasi pembukaan.

Ucapan ini sedikit berbeda dari sebelumnya ketika Ridwan menyebut PPPK akan lebih mudah ditangani ketimbang seleksi CPNS. Sebab, prosesi ini tidak terlampau kompleks, seperti seleksi CPNS.

6 dari 6 halaman

5. Belum Dapat Melakukan Registrasi

Meski telah dibuka Jumat (8/2/2019), para calon peserta PPPK 2019 belum dapat melakukan registrasi pada portal ssp3k.bkn.go.id.

Saat ini portal ssp3k.bkn.go.id hanya menampilkan informasi-informasi seputar rekrutmen PPPK 2019

Sesuai dengan informasi yang ditampilkan pada portal ssp3k.bkn.go.id, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 10-16 Februari 2019.

“Sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian PAN-RB ke seluruh pemerintah daerah, bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 - 16 Februari 2019. Sebelum melakukan pendaftaran, silakan hubungi instansi masing-masing untuk mengecek ketersediaan formasi.”

Demikian keterangan yang dimuat pada laman pendaftaran ssp3k.bkn.go.id. Namun, dari pantauan hingga kini, Selasa (12/2/2019) pendaftaran belum kunjung dibuka.

Meski begitu, sebelum melakukan pendaftaran, para calon peserta diharapkan sudah mengecek ketersediaan formasi pada masing-masing instansi.

Ketersediaan formasi dapat dicek melalui situs resmi instansi atau menghubungi langsung instansi yang dituju.

 

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Melihat Akun IG 5 Politisi Vokal Indonesia, Selalu Aktif Suarakan Pendapat
Artikel Selanjutnya
5 Warung Ini Suka Bagi-Bagi Makanan Gratis, Dermawan Banget