Sukses

Mau Masa Depan Anda Lebih Cerah? Buruan Lakukan 10 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan yang cerah pastinya menjadi impian setiap orang. Cerah dalam artian Anda sukses meraih cita-cita dan tujuan hidup.

Namun, bukan rahasia lagi kalau membentuk masa depan yang cerah sudah pasti membutuhkan perjuangan keras. Dalam prosesnya, Anda bisa mengorbankan banyak hal serta menghadapi risiko serta tantangan besar.

Perjuangan yang akan ditempuh tak akan memakan waktu yang sebentar. Mumpung masih muda, alangkah baiknya memikirkan rencana masa depan sejak dini.

Seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku, Anda dapat memulai perjuangan Anda dengan membiasakan hal-hal berikut

1. Berani hidup susah

Hidup itu selalu berputar dan tidak jarang Anda mengalami kegagalan di usia muda. Akan tetapi, berbagai kegagalan itulah yang justru membuat Anda semakin menikmati kesuksesan di masa depan.

Berkali-kali gagal dan bangkit lagi akan membuat mental semakin teruji. Alhasil, kesalahan yang sering dilakukan akan memicu semangat untuk terus mencoba.

2 dari 6 halaman

2. Kerja keras dan kerja cerdas

Wajib bagi Anda untuk selalu bekerja keras, tapi tetap perlu diimbangi dengan kerja cerdas agar kerja keras Anda lebih efektif serta membuahkan hasil yang optimal.

Mereka yang masa depannya cerah pasti mampu memadukan kerja keras dengan kerja cerdas untuk menaklukkan hambatan demi menggenggam cita-cita.

3. Bersahabat dengan risiko

Setiap keputusan yang diambil serta proses perjalanan menuju sukses tidak akan terlepas dari beragam risiko. Bahkan, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja dengan risiko penuh.

Manajemen risiko sangat penting untuk dimiliki. Risiko bukan untuk ditakuti, tapi untuk dihadapi dan biasakan untuk menjadikan risiko sebagai hambatan yang tidak berarti. Jadi mulai sekarang, terbiasalah dengan risiko.

3 dari 6 halaman

4. Menempuh pendidikan sesuai bakat dan minat

Salah satu bekal dalam menggapai masa depan cerah adalah mendapatkan pendidikan berkualitas. Anda yang memiliki visi jelas pasti sudah memiliki gambaran untuk memilih jalur pendidikan sesuai bakat dan minat. Harapannya, pendidikan bisa menjadi bekal dalam menjalani semua hal di masa depan, agar berkembang dari masa ke masa.

5. Menyisihkan 25 persen pendapatan setiap tahun

Mereka yang ingin memiliki masa depan cerah pasti mulai membiasakan diri untuk menabung. Mereka berupaya menyisihkan 25 persen pendapatan setiap tahunnya, sehingga dapat menjadi cadangan dana untuk kebutuhan tidak terduga atau bahkan menyisihkan uang untuk keperluan yang lebih besar seperti investasi properti atau usaha.

4 dari 6 halaman

6. Menggunakan tabungan untuk berinvestasi

Tidak hanya menabung, sebaiknya Anda juga sudah mulai memikirkan masa depan dengan memanfaatkan tabungan yang Anda miliki di pasar modal. Dengan langkah ini, modal pasif yang disetorkan akan menjadi modal aktif yang dapat digunakan untuk membiayai beragam kebutuhan.

7. Berinvestasi properti

Investasi di bidang properti cukup menjanjikan karena biasanya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Properti yang Anda beli tak hanya dapat Anda tempati sendiri, tapi juga tak menutup kemungkinan untuk dijual kembali di kemudian hari guna memenuhi beragam kebutuhan. Perlu Anda ketahui, bahwa tingkat harga properti mengalami peningkatan sebesar 15—25 persen setiap tahunnya.

5 dari 6 halaman

8. Bergabung dengan asuransi

Selain memiliki investasi yang aktif, orang sukses juga memiliki kesadaran untuk memproteksi diri lewat program asuransi.

Dengan perlindungan diri berupa asuransi, Anda tidak perlu cemas lagi apabila suatu saat nanti jatuh sakit atau mengalami hal buruk lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan.

9. Tidak boros dan mudah tergiur dengan teknologi baru

Realita saat ini mengatakan bahwa tidak sedikit anak muda melakukan sesuatu yang kontra produktif. Contohnya adalah tingginya intensitas anak muda dalam berbelanja produk teknologi baru, gadget misalnya.

Anak muda yang ingin meraih kesuksesan justru tidak berpikir demikian. Mereka menganggap bahwa produk teknologi, seperti halnya gadget, merupakan kebutuhan bukan barang keinginan yang menjadi bagian gaya hidup.

6 dari 6 halaman

10. Selalu fokus dan memiliki integritas

Hal yang terakhir ini merupakan kiat mendasar yang harus diterapkan untuk menggapai masa depan cerah, di antaranya fokus dan memiliki integritas. Anda harus serius serta bertanggung jawab terhadap semua hal yang dikerjakan.

Hadapilah semua tantangan dan jangan lupa untuk mempersiapkan semua hal untuk meraih sukses secara bertahap. Upayakan dengan baik sesuai dengan passion Anda secara optimal. Selamat berjuang dan semoga berhasil!

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Inspirasi Bisnis Kuliner Khas Medan Ini Layak Dicoba
Artikel Selanjutnya
Mau Tahu Zodiak yang Cocok Bikin Bisnis Bareng Kamu? Cek di Sini!