Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Yuk, Cari Tahu soal Tabungan Digital

Liputan6.com, Jakarta - Dengan memanfaatkan teknologi terkini yang makin canggih, lahirlah tabungan digital yang dapat diakses oleh jaringan internet lewat laptop atau smartphone.

Kamu pasti penasaran soal tabungan digital ini. Nah, beberapa info dari Swara Tunaiku ini dapat menjadi rujukannya!

1. Apa Itu Tabungan Digital?

Seperti namanya, tabungan digital adalah jenis tabungan yang pelayanannya berbasis digital. Jadi, semua hal yang berhubungan dengan tabungan ini dilakukan lewat internet.

Untuk bisa mengakses produk tabungan, kamu hanya memerlukan kuota internet dan browser. Karenanya, tabungan digital ini dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Tabungan ini mempunyai fungsi sama dengan tabungan konvensional. Kamu dapat menggunakan tabungan digital untuk melakukan berbagai jenis transaksi, di antaranya transfer uang, membayar tagihan listrik, membayar asuransi, hingga membayar cicilan utang.

2 dari 3 halaman

2. Tidak Ribet

Namanya saja adalah pelayanan digital. Jadi, kamu tidak perlu repot atau capek-capek pergi ke bank membuat tabungan ini.

Kamu dapat memulai dengan membuka situs bank yang menyediakan layanan tabungan digital. Setelah itu, kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan bukti identitas diri yaitu KTP/SIM/Paspor serta NPWP.

Semua bukti tersebut dibutuhkan agar pengajuan tabungan bisa disetujui. Setelah formulir itu dikirimkan, kamu akan mendapatkan kode verifikasi dan nomor akun virtual yang digunakan mengisi jumlah setoran awal.

Tahap tersebut memang opsional karena bank tidak mengharuskan kamu untuk mengisi saldo awal tabungan. Bank kemudian mengirimkan notifikasi pemberitahuan bahwa tabungan digital milikmu sudah berhasil dibuat.

Untuk kartu ATM serta buku tabungan, kamu dapat mengambilnya langsung di bank terdekat. Namun, kalau tidak punya waktu, bank bisa mengirimnya ke alamatmu, kok. Praktis, kan?

3. Bebas Menentukan Jangka Waktu Tabungan

Kamu dapat menentukan nilai serta jangka waktu berlakunya tabungan digital sesuai keinginan. Kamu dapat melakukan penarikan setelah tabungan dinyatakan sudah jatuh tempo dan menggunakannya untuk keperluanmu saja.

Kamu tentu dapat memanfaatkan tabungan ini untuk mengumpulkan dana demi tujuan tertentu. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakannya untuk dana pendidikan, jalan-jalan, membeli kendaraan atau rumah, serta berbagai jenis tujuan lainnya.

3 dari 3 halaman

4. Bunga yang Ditawarkan Lebih Besar

Bunga yang ditawarkan di produk tabungan digital memang lebih besar dibandingkan tabungan konvensional, yaitu sekitar 5 persen setiap tahun. Pada umumnya, tabungan konvensional menawarkan bunga tidak lebih dari 3 persen. Perbedaan sebesar kurang lebih 2 persen tersebut cukup signifikan untuk memperoleh keuntungan rutin dari suku bunga.

Nilai suku bunga yang lebih besar ini pasti akan lebih menggiurkan tentunya. Semakin besar nilai tabunganmu, keuntungan yang diperoleh dari suku bunga pasti akan bertambah sangat besar. Karenanya, tidak sedikit orang tertarik untuk mempunyai produk tabungan digital dan digunakan sebagai penyimpan uang mereka agar aman dan untung pastinya.

5. Transaksi Mudah dan Menghemat Waktu

Lewat tabungan digital, kamu akan mempunyai kemudahan dalam melakukan beragam transaksi. Kamu tidak perlu menyediakan waktu ke bank untuk mengurus beragam keperluan, cukup dengan smartphone saja, kamu dapat menyelesaikan dengan lebih cepat dan praktis. Kamu akan menghemat waktu lebih banyak dibandingkan harus capek-capek ke bank.

Tabungan digital sepertinya menarik, kan? Meski demikian, tentunya tabungan digital masih disesuaikan dengan tabungan konvensional dan peraturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Semoga ke depannya tabungan digital ini semakin mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga mudah dalam melakukan semua transaksi secara praktis dan aman tentunya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Biar Tak Cekcok, Simak Tips Kelola Keuangan bagi Pengantin Baru
Artikel Selanjutnya
Terapkan 6 Langkah Bijak Saat Dikritik Atasan