Sukses

7 Hal yang Bikin Akhir Pekan Semakin Menarik

Jika ingin akhir pekan Anda lebih bermakna dan semakin menarik, lakukan beberapa kegiatan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Momen ini sering dimanfaatkan untuk rihat sejenak agar semangat kembali pulih saat hari kerja tiba.

Namun, tidak semua orang bisa menikmati weekend yang berkualitas. Masih banyak orang yang dibebankan oleh tugas-tugas kantor yang tak kunjung usai. Sehingga akhir pekan pun seolah sama saja seperti hari-hari kerja biasanya.

Hanya sebagian kecil orang yang berhasil memanfaatkan akhir pekan untuk hal-hal bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika tidak, ada hal yang perlu dibenahi.

Nah, jika ingin akhir pekan Anda lebih bermakna dan semakin menarik, lakukan beberapa kegiatan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Merapikan dan Mendekorasi Kamar untuk Peroleh Nuansa Baru

Kamar tidur merupakan area terpenting sebagai tempat beristirahat. Saat akhir pekan tiba, coba bersihkan kamar sekaligus mengganti seprai dan sarung bantal untuk mengusir kuman-kuman yang menempel.

Setelah itu, Anda bisa mengubah tata letak perkakas yang ada di kamar agar tampilan kamar tampak tampak baru. Dengan demikian, mata akan lebih segar saat bangun keesokan harinya.

Membersihkan kamar tidak menguras banyak waktu. Hanya saja, Anda perlu mengumpulkan niat yang besar agar kegiatan ini dapat terlaksana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membersihkan Tempat Penyimpanan yang Berdebu

Lemari, rak sepatu, dan rak buku kotor? Segera bersihkan agar tempat penyimpanan barang-barang kesayangan Anda tidak berubah menjadi sarang laba-laba.

Ambil ember kecil yang sudah diisi air dan kain lap untuk membersihkan sudut yang sulit dijangkau oleh alat pembersih. Jangan membersihkan area berdebu itu dengan kemoceng, karena hanya akan memindah debu ke tempat lain atau bahkan kembali lagi karena terbawa angin.

Selain membersihkan tempat penyimpanan, Anda juga bisa membersihkan barang-barang yang ada di dalamnya agar tidak berdebu. Kegiatan ini cukup menguras waktu dan tenaga, tetapi Anda akan puas melihat hasilnya.

3. Menekuni Hobi yang Sempat Ditinggalkan karena Sibuk

Rutinitas kerja yang sangat padat sering kali menghambat Anda untuk menekuni hobi. Untungnya, Anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk kembali menekuni hobi tersebut sekaligus mengembangkannya.

Jika Anda hobi fotografi, mampirlah ke suatu tempat untuk mencari objek foto yang bagus. Hobi yang ditekuni dengan baik dapat memberikan penghasilan tambahan untuk Anda. Apapun jenis hobinya, coba kembangkan untuk hasil yang lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

4. Berkumpul Bersama Keluarga dan Orang-Orang Terdekat

Manfaatkan akhir pekan untuk membangun tali silaturahmi dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Anda bisa berkunjung ke rumah orang tua, sahabat, atau teman untuk sekadar bercerita dan bercanda tawa.

Kegiatan ini tampak sepele, tetapi dapat memberikan kebahagiaan ekstra bagi diri sendiri. Berada di sekitar orang-orang tercinta tentu membuat hidup Anda lebih bermakna.

Sebab kehadiran mereka akan memberi energi positif untuk mental dan perkembangan karier. Alhasil, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

5. Memasak Makanan Kesukaan untuk Penambah Mood

Suasana hati yang baik (mood) sangat memengaruhi tingkat produktivitas setiap hari. Apabila mood hilang, produktivitas Anda tidak semaksimal hari-hari sebelumnya.

Agar mood kembali, hidangkan makanan lezat di atas meja makan, lalu santap bersama orang-orang tercinta. Makanan bercita rasa manis dipercaya dapat mengembalikan mood dengan cepat, seperti cokelat, permen, dan biskuit.

Namun, Anda perlu membatasi porsi yang dikonsumsi karena makanan manis kurang baik untuk kesehatan jika berlebihan. Untuk itu makanlah sewajarnya.

4 dari 4 halaman

6. Membangun Relasi dengan Tetangga di Dekat Rumah

Selain kepada keluarga, Anda juga perlu membangun tali silaturahmi kepada tetangga yang tinggal di dekat rumah. Terutama bagi Anda yang pergi pagi pulang malam.

Biarkan tetangga terdekat mengenal sosok Anda yang sebenarnya, seperti nama dan pekerjaan, serta lainnya.

Tentunya, Anda tidak perlu berlama-lama di rumah tetangga. Cukup luangkan waktu 30 menit saja untuk sekadar menyapa dan bersenda gurau.

Akrab dengan tetangga memberikan banyak keuntungan. Jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan, Anda tidak perlu bingung karena tetangga siap mengulurkan tangan untuk membantu.

7. Bangun Pagi untuk Berolahraga agar Tubuh Sehat

Akhir pekan bukan hari untuk bermalas-malasan, tetapi hari untuk tetap produktif sebagaimana hari kerja pada biasanya. Namun, sebagian besar menghabiskan waktunya untuk tidur, browsing, dan melakukan hal-hal yang tidak berfaedah.

Padahal Anda bisa menggunakan weekend untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari serangan penyakit. Pilih jenis olahraga yang ringan, seperti lari, skipping, senam, atau yoga.

Untuk menghindari rasa malas, Anda bisa datang ke acara Car Free Day (CFD) yang sering dilaksanakan pada hari weekend. Selain berolahraga, Anda juga bisa menambah teman baru di acara tersebut.

Tetap Produktif Walau Akhir Pekan Tiba

Sebanyak apapun rutinitas kerja sehari-hari, tidak nyaris membuat Anda bermalas-malasan, terutama saat akhir pekan tiba.

Sebaliknya, lakukan kegiatan bermakna yang dapat memberikan kebahagiaan bagi diri sendiri, seperti kegiatan yang sudah dijelaskan di atas. Pilih kegiatan yang paling cocok agar kegiatan tersebut dilakukan dengan senang hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini