Sukses

Indonesia-Jepang Jajaki Kerjasama di Sektor Perikanan

Setidaknya, ada beberapa sektor yang diharapkan dapat dikembangkan oleh kedua negara di sektor perikanan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengundang 13 pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japan External Trade Organization (JETRO) ke Jakarta. Ini dilakukan sebagai upaya dalam menarik investasi pada industri perikanan Indonesia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, dalam forum ini pemerintah Indonesia membuka peluang kesempatan bisnis bagi pelaku usaha baik Indonesia dan Jepang. Setidaknya, ada beberapa sektor yang diharapkan dapat dikembangkan oleh kedua negara.

"Di sini ada 13 perusahaan yang diprakarsai oleh Jetro yang bergerak di sektor manufacturing, cold storage dan logistik. Kami di Indonesia hadir perusahaan yang bergerak di sektor processing kemudian ada angkutan, trading ikan. Mudah-mudahan temen temen bisa bertemu dan bisa menghasilkan bisnis-bisnis opportunity yang bisa di eksekusi dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujar dia dalam Indonesia Japan business and Investmen Forum, di Kementerian KKP, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Rifky mengatakan, ada tiga area yang sekiranya akan disoroti Indonesia yakni di bidang logistik, rantai dingin dan processing. Sebab, selama ini ekspor Indonesia ke Jepang lebih banyak dilakukan dari di wilayah Jakarta, Surabaya dan Bali.

"Kita ingin mengembangkan lagi direct logistik dari Indonesia sebelah timur, mungkin pulau Sulawesi dulu bisa di Makassar dan Belitung. Besok delegasi Jetro juga akan berkunjung ke Sulawesi Utara Pulau Manado dan Belitung serta Makassar. Semoga Jepang bisa menambahkan dan mengmbangkan potensi-potensi bisnis yang bisa dikembangkan bersama," sebut dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Hubungan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KKP, Nilanto Perbowo menambahkan, hubungan antara Pemerintah Indonesia dan Jepang sudah cukup lama.

Dengan demikian, harapannya  melalui forum ini dunia usaha kedua negara akan meningkat lebih baik lagi dari periode-periode sebelumnya.

"Hubungan kerjasama kita dengan Jepang bentuk kerja sama 60 tahun lalu. Kita ketahui betul bahwa investasi perikanan Jepang ke Indonesia mengalami pasang surut secara keseluruhan hubungan ekonomi di bidang perikanan kita. Namun demikian kita wajib bersama sama menjaga harmoni kerjasama di bidang perikanan antara Indonesia dan jepang. Ini ketiga kalinya bertemu dengan Jetro," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • KKP merupakan kependekan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

    KKP

Video Terkini