Sukses

Baru Naik Gaji? Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

Berikut adalah beberapa opsi terbaik untuk memanfaatkan kenaikan gaji Anda

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan kenaikan gaji dapat membuat Anda merasa berada di puncak dunia. Anda dapat melakukan pekerjaan yang sama dengan lebih banyak uang. Siapa yang tidak menginginkan itu?

Namun, penting untuk menaikkan gaji agar berfungsi jika Anda tidak ingin hal itu menghilang. Inflasi gaya hidup dapat mengambil alih ketika Anda puas, itulah sebabnya mengapa Anda harus membuat rencana untuk kekayaan baru.

Sebelum Anda melakukan apa pun, tunggulah beberapa minggu untuk membiarkan kenaikan gaji masuk. Tanyakan pada diri Anda apa yang Anda inginkan dari kehidupan dan bagaimana kelebihan dana dapat membantu Anda mencapainya.

Berikut adalah beberapa opsi terbaik, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Siapkan rekening tabungan yang ditargetkan

Berinvestasi dan pembayaran utang penting, tetapi bagaimana jika Anda ingin bersenang-senang? Apakah Anda menyisihkan uang untuk pensiun atau membayar utang, Anda masih dapat mengalokasikan sebagian dari kenaikan gaji Anda ke arah sesuatu yang Anda inginkan.

Baik itu liburan keluarga atau mobil baru, siapkan rekening tabungan yang ditargetkan dan kontribusi otomatis. Bahkan jika Anda hanya dapat menyumbangkan 100 ribu dari kenaikan gaji Anda, setiap uang yang Anda hemat akan bertambah, terutama jika Anda memasukkannya ke dalam rekening tabungan dengan bunga tinggi yang menghasilkan laba yang layak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bangun dana darurat

Jika Anda tidak memiliki dana darurat, Anda menyiapkan diri untuk dunia yang kejam. Asuransi tidak selalu menutupi tagihan Anda.

Sebagian besar ahli menyarankan Anda memiliki tiga hingga enam bulan pengeluaran yang disimpan dalam dana darurat. Dengan cara ini, Anda akan baik-baik saja jika kehilangan pekerjaan, mengambil potongan gaji, atau menghadapi tagihan medis atau perbaikan rumah yang tidak terduga.

Anda dapat menggunakan kenaikan gaji untuk mulai membangun dana darurat. Buka rekening tabungan baru yang ditujukan untuk dana darurat Anda saja, kemudian siapkan kontribusi rutin pada hari gajian atau sebulan sekali.

Jika kelihatannya Anda menabung tanpa alasan, pikirkan betapa bersyukurnya Anda nantinya saat biaya darurat muncul dan Anda memiliki uang tunai untuk menutupinya.

3 dari 3 halaman

3. Bayar utang

Membayar utang adalah langkah yang cerdas karena dapat membantu mengurangi biaya bunga dan meningkatkan arus kas. Mudah membayangkan bagaimana membayar utang berbunga tinggi seperti tagihan kartu kredit dapat meningkatkan keuangan Anda.

Meskipun kenaikan gaji tidak akan tiba dalam jumlah sekaligus, Anda masih dapat menggunakannya untuk membayar utang lebih cepat. Tambahkan jumlah kenaikan gaji ke pembayaran bulanan yang Anda lakukan setiap bulan, dimulai pada utang dengan bunga tertinggi. Anda akan membayar utang lebih cepat dan mengurangi bunga yang Anda bayar.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar: https://laruno.id/rangkuman-fr-mp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.