Sukses

Resmikan Ruas Tol Wilangan-Kertosono, Jokowi Harap Liburan Masyarakat Lebih Mudah dan Cepat

Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Wilangan-Kertosono pada Kamis 20 Desember 2018.

Liputan6.com, Surabaya - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Wilangan-Kertosono (38 km), Kertosono-Bandar (1 km), Relokasi tol Porong-Gempol (6 km), dan Pasuruan-Grati (14 km), di Gerbang Tol Bandar, Jawa Timur, Kamis (20/12). 

Jokowi tampil kasual dengan jaket bomber hitam, jeans biru, dan sneaker didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi. Keduanya bersama rombongan tiba di lokasi acara, kilometer 671, ruas tol Wilangan-Kertosono dengan menggunakan Bus Putih milik Perum DAMRI.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Peresmian empat ruas tol dengan total panjang 59 kilometer tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh presiden diikuti penandatanganan prasasti.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Relokasi Porong-Gempol, Pasuruan-Grati, sepanjang 59 km di provinsi Jawa Timur, saya nyatakan secara resmi dibuka," kata dia.

Mantan Walikota Solo ini berharap dengan beroperasinya ruas tol ini dapat mendukung kegiatan masyarakat.

"Dengan tembus kita ingin berlibur lebih memudahkan, lebih murah, lebih cepat. Masyarakat punya alternatif. Mau pakai jalan tol atau pakai jalan provinsi," ujar Jokowi.

 

*Seperti apa wujud fisik jalan tol Trans Jawa? Anda dapat menyaksikan di acara Jalan Bareng Yuk Ekspedisi Tol Trans Jawa pada 24 Desember 2018 Pukul 09.00-10.00 WIB di SCTV

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmikan Ruas Tol di Jawa Tengah

Diketahui setelah meresmikan ke-4 ruas tol tersebut, Jokowi dijadwalkan akan meresmikan 3 ruas tol di wilayah Jawa Tengah. Ketiga ruas tersebut antara lain, Pemalang-Batang (34 km), Batang-Semarang (75 km), dan Salatiga-Kertasura (33 km) dengan total panjang, 142 km. 

Dengan diresmikannya ke-3 ruas tol tersebut, maka tol trans Jawa dari Merak sampai Grati secara resmi terhubung, dengan total panjang 933 km.

"Nanti kita akan coba dengan naik bus, kurang lebih 341 kilometer Surabaya sampai Jembatan Kalikuto (tempat peresmian)," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.