Sukses

7 Trik Untung Trading Emas

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini harga emas mengalami kenaikan. Momen ini dimanfaatkan oleh para trader. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika ya, jangan sampai kamu lengah, ya. Ada beberapa hal yang harusnya masih kamu pelajari untuk menguasai trading emas.

Sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat melakukan trading emas. Untuk bisa sukses, ada triknya! Ada faktor-faktor yang harus diperhatikan.

Seperti dikutip dari Brokerforex.com melalui Swara Tunaiku, berikut tips untung trading emas yang bisa kamu pelajari.

1. Perhatikan Manajemen Uang

Manajemen uang yang bagus bisa menghindarkanmu dari risiko. Meski yakin 100 persen dengan analisis trading emas, jangan mengambil lot terlalu besar, ya. Pasalnya semakin besar lot akan diikuti dengan risiko yang semakin besar. Itulah kenapa kamu harus memerhatikan manajemen uang.

2 dari 4 halaman

2. Sabar Menanti Breakout

Kesabaran sangat dibutuhkan saat melakukan trading emas. Jangan karena sudah pengin banget untuk login dan entry harga, kamu jadi gegabah. Kamu harus lebih sabar menunggu konfirmasi breakout. Jangan sampai kamu terjebak pada false breakout yang hanya akan membuatmu rugi, ya.

3. Biasakan Mengecek Tren Harga Pasar

Dengan rutin mengecek tren harga pasar, kamu bisa mengetahui siklus market emas. Adapun berita fundamental memiliki peran besar dalam menggerakkan harga. Nah, jika kamu berhasil melakukan analisis fundamental, bisa memprediksi naik dan turunnya harga pasar.

3 dari 4 halaman

4. Perhatikan Volume Trading Emas

Untuk mengetahui naik dan turunnya harga emas, kamu harus memerhatikan volume trading dan harga reli. Itulah kenapa volume trading emas harus diperhatikan. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa memasang strategi trading emas yang tepat dengan mengetahui volume.

Saat volume mengalami penurunan pada suatu reli harga emas, maka akan menyebabkan penurunan reli harga dalam waktu dekat. Sebaliknya, saat terjadi kenaikan volume pada suatu reli, maka akan terjadi reli harga emas yang besar pula.

Lalu ada juga kasus di mana volume meningkat tetapi harga emas turun. Nah, kondisi ini menyebabkan terjadinya penurunan harga emas. Oleh karena itu, harus lebih waspada.

5. Rutin Memantau Sentiment Investor Besar

Investor besar memiliki pengaruh kuat dalam volume trading. Hal ini dikarenakan posisi mereka yang kuat dan stabil. Jadi, setiap keputusan dan langkah yang mereka ambil, pasti akan memberi dampak pada trading emas.

Untuk mengetahui kondisi akan mengalami bearish ataupun bullish, semua bisa diprediksi dengan melihat sentiment investor besar. Dari berita-berita fundamental inilah kamu bisa memprediksi market emas.

4 dari 4 halaman

6. Amati Pola dan Formasi Chart

Kamu juga harus rajin mengamati pola atau formasi chart. Dengan mengamati pola dan formasi chart masih menjadi bagian dari analisis teknikal. Analisis fundamental dan teknikal sangat penting dalam trading emas karena kamu bisa mengorek informasi tentang tren harga.

7. Gunakan Indikator yang Tepat

Kamu juga perlu menguasai analisis jika ingin sukses dalam trading emas. Saat menganalisis tren harga pasar, kamu pasti butuh indikator yang tepat agar prediksimu tidak meleset. Untuk itu, kamu bisa menggunakan indikator momentum yaitu Stochastic Oscilator untuk mengecek status overbought dan oversold. Indikator ini juga bisa digunakan untuk mengetahui besarnya harga penutupan dalam tiap periode.

Oh ya, Apa pun yang kamu pilih nantinya, jika digunakan secara tepat pastilah memberikan dampak positif pada trading emas.

Itulah tips untung trading emas agar sukses sebagai seorang trader. Pada dasarnya dunia investasi terus berkembang. Untuk itu kamu harus bisa lebih fleksibel dan kompetitif dalam trading emas.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Harga Emas Antam Naik jadi Rp 758 Ribu per Gram