Sukses

Tiru, 4 Cara Tepat Bikin Hari Makin Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Produktivitas hanya akan terwujud jika Anda dapat bekerja secara efektif dan memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Oleh karena itu, penting untuk tidak menunda pekerjaan jika tak ingin kewalahan saat harus menuntaskannya.

Namun, tidak selamanya dapat terus teratur dan disiplin menjaga pekerjaan terselesaikan secara efektif. Terkadang ada hari-hari di mana pekerjaan sedang banyak-banyaknya untuk diselesaikan.

Merasa kewalahan sudah tentu, tapi ada cara agar Anda tetap dapat menjaga dan mengembalikan produktivitas setelah kewalahan menyelesaikan pekerjaan yang sedang banyak-banyaknya. Menurut Swara Tunaiku, berikut cara tepat yang bisa Anda lakukan!

1. Kenali peran dan tanggung jawab

Terdengar klise dan sedikit klasik. Meski terlihat sederhana, mengenali peran dan tanggung jawab diri sendiri itu juga bukan perkara mudah. Cobalah untuk sesekali tetapi rutin berkontemplasi dan berintrospeksi.

Gunakan satu hari penuh untuk memikirkan target masa depan. Jika target jangka panjang terlalu sulit, Anda bisa membuat target tiga bulan ke depan. Jangan lupa untuk juga mengevaluasi diri selama beberapa bulan terakhir.

Tuliskan peran dan tanggung jawab yang selama ini Anda jalankan. Dari sini, Anda harus menilai diri dengan sejujur-jujurnya. Mulailah menilai komitmen, ada tidaknya komitmen yang relevan atau tidak. Jika menemukan hal yang tidak relevan, tinggalkan.

2 dari 3 halaman

2. Belajar untuk berkata tidak

Mengecewakan orang lain itu sama sekali tidak mudah. Apalagi jika Anda terbiasa membantu orang lain, pasti akan sulit untuk berkata “tidak” saat dimintai tolong.

Ingat kembali, apa saja komitmen yang membuat Anda kurang nyaman. Jika memang ada rekan kerja yang memintamu untuk melakukannya, maka harus berani untuk berkata tidak.

3. Jauhkan diri dari e-mail

Terkesan sepele, tetapi tumpukan e-mail yang belum terbaca berisiko membuat Anda stres dan kewalahan. Makanya, sangat disarankan untuk menjauhkan diri dari e-mail pada waktu-waktu tertentu. Ingat, salah satu kelebihan e-mail adalah Anda tak perlu membalas atau mengerjakan task pada saat itu juga, bukan?

Ada lagi beberapa trik ‘nakal’ yang bisa Anda tiru untuk menjauhkan diri dari e-mail. Mulai dari mematikan notifikasi e-mail yang belum dibaca dan menjadwalkan waktu khusus untuk membalas e-mail. Solusinya, Anda bisa memasang aplikasi yang akan memberikan notifikasi pada e-mail penting.

3 dari 3 halaman

4. Menciptakan kebiasaan baru

Buat skala prioritas agar lebih efisien dalam bekerja. Misalnya dengan kebiasaan baru dan membuat to do list secara rutin. Sebagai contoh:

- Bangun lebih pagi untuk berdoa (05:00)

- Merapikan tempat tidur dan kamar, membuat to do list (05:15)

- Tea time sambil mendengarkan musik favorit di pekarangan rumah (05:30)

Semua ini bisa dilakukan dalam satu jam saja. Dengan melakukan ritual pagi ini, Anda bisa lebih rileks dan fokus saat bekerja nanti. Anda pun bisa mempersiapkan segala hal dari awal dan punya waktu untuk diri sendiri.

Nah, itulah empat langkah mudah untuk mengembalikan dan menjaga produktivitas hari. Selamat mencoba.

Loading
Artikel Selanjutnya
Intip Inspirasi Bisnis dari 5 Seleb Indonesia yang Bisa Anda Tiru
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Jangan Sampai Terlibat dalam 4 Jenis Utang Ini