Sukses

Nelayan Pakai LPG, Pertamina Siap Tambah Pasokan

Pasokan LPG tambahan akan dititipkan ke pangkalan resmi yang telah ada.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Liqufied Petroleum Gas (LPG) bagi nelayan kecil di Samarinda, Kalimantan Timur, Pertamina siapkan tambahan pasokan LPG 3 Kg sesuai hasil kajian pra-program.

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha mengatakan, sebagai lokasi yang membawahi area Kalimantan, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI telah mengkaji kenaikan tren konsumsi sebagai konsekuensi dari pemberlakukan program yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi BBM tersebut.

"Pasokan khusus nelayan ini menjadi dukungan Pertamina atas program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," kata Yudi, di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Menurut Yudi, sejak awal penetapan program konversi BBM ke LPG pada nelayan, pihaknya telah ambil bagian dalam kajian yang dilaksanakan oleh Kementerian ESDM, sekaligus mempersiapkan tabung-tabung LPG yang akan diberikan kepada nelayan penerima manfaat.

“Tidak hanya terlibat pada penyerahaan paket konversi, sejak awal tim kami di berbagai daerah telah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan dinas terkait seperti Kelautan dan Perikanan untuk mensukseskan program ini. Di Kalimantan sendiri penerima manfaat dari program ini sebanyak 2.990 nelayan yang tersebar di 19 KotaKabupaten," tambah Yudi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Pangkalan

Yudi mengungkapkan, di Samarinda pihaknya telah merencanakan pasokan tambahan minimal 1.114 tabung setiap bulannya. Angka ini merupakan hasil perhitungan tim yang telah disesuaikan dengan tren kebutuhan LPG bagi para nelayan.

Sambil menunggu rekomendasi penunjukan pangkalan baru di titik padat penerima konversi dari Dinas Kelautan dan Perikanan, pasokan LPG tambahan tersebut akan dititipkan ke pangkalan resmi yang telah ada melengkapi 75 ribu tabung LPG 3 Kg per hari yang sebelumnya beredar di Samarinda.

"Untuk penyaluran LPG 3 Kg ke masyarakat umum, diharapkan agar masyarakat dapat semakin menumbuhkan kesadaran akan aspek subsidi, sehingga LPG 3 Kg dapat dengan nyaman digunakan oleh warga yang membutuhkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.