Sukses

5 Cara Efektif untuk Menipu Diri Sendiri dalam Menghemat Uang

Jika Anda mencari cara untuk menjadi sedikit berhemat, enam trik ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan uang bisa jadi sulit karena sejumlah alasan. Seringkali, tidak ada margin yang besar antara apa yang kebanyakan orang peroleh dan apa yang dibelanjakan kebanyakan orang.

Tanpa adanya anggaran, banyak uang yang dapat dihabiskan dengan sangat mudah setiap bulannya. Jika Anda mencari cara untuk menjadi sedikit berhemat, enam trik ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Berikut uraiannya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Otomatiskan tabungan Anda

Mungkin cara paling sederhana untuk menabung tanpa memikirkannya adalah dengan membuat rencana tabungan otomatis. Sebagian besar lembaga keuangan memungkinkan Anda untuk mengatur transfer reguler dari rekening giro Anda ke rekening tabungan atau investasi.

Otomatis adalah cara yang bagus untuk menghemat karena bisa sulit bagi kebanyakan orang untuk ingat membuat simpanan tabungan, apalagi mencari kemauan untuk melakukannya. Transfer otomatis uang itu dari tangan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tingkatkan penghematan secara bertahap

Setelah Anda menggunakan rencana tabungan otomatis, cara untuk benar-benar membangun tabungan Anda adalah dengan meningkatkan tabungan tersebut sedit demi sedikit. Misalnya, jika Anda menyisihkan 10 persen dari gaji Anda, atur ulang untuk meningkatkan satu hingga dua persen pada tahun berikutnya.

Dengan kenaikan kecil semacam itu, mudah beradaptasi dengan tingkat tabungan yang lebih tinggi. Dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menghemat sebagian besar gaji Anda secara otomatis.

3. Beri nama akun

Jika Anda memberikan salah satu rekening bank Anda nama tertentu, Anda mungkin lebih cenderung mencoba mencapai target tabungan di akun itu.

Memberi nama atau menentukan tujuan dapat membantu Anda bergerak ke arah yang benar dan telah terbukti lebih efektif daripada sekadar menempatkan uang pada kategori "tabungan" yang tidak jelas.

3 dari 3 halaman

4. Bayar diri sendiri dulu

Untuk benar-benar menjadikan penghematan sebagai prioritas, jangan menganggap tabungan sebagai kegiatan pilihan. Bayar rekening tabungan Anda sebelum melakukan hal lain. Kemudian, pelajari cara melakukannya dengan uang yang tersisa. Ini memastikan bahwa apa pun yang terjadi pada bulan tertentu, Anda mencapai tujuan penghematan Anda.

5. Buat akses menjadi sulit

Kenyamanan luar biasa, dan sebagian besar bank kini memungkinkan Anda mengakses dana Anda 24 jam setiap hari, baik melalui panggilan telepon, aplikasi ponsel pintar, atau halaman web. Karena cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menyulitkannya, letakkan beberapa penghalang antara diri Anda dan uang Anda.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.