Sukses

Jenguk Korban Donggala, Mentan Sumbangkan Rp 250 Juta ke RS Wahidin

Liputan6.com, Makasar -
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengunjungi rumah sakit umum (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo Makasar guna menjenguk korban bencana tsunami Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah.
 
Ia pun memastikan akan memberikan dana sosial sebesar Rp 250 jutabagi RS Wahidin. "Kita titip di rumah sakit ini sebesar Rp 250 juta. Hari ini juga kita akan jemput 1.600 pengungsi lagi dari Donggala dan Palu. Ini sesuai arahan Bapak Jokowi untuk menolong teman-teman," tuturnya di RSUP Wahidin Makassar, Kamis (4/10/2018).
 
Amran turut menyampaikan duka cita kepada beberapa korban gempa Donggala yang terdampak dan dirawat di rumah sakit ini. "Kita prihatin sekali tadi ada satu anak SMA kehilangan kedua kakinya. Kita sangat berduka. Karena duka Donggala duka kami semua," jelas dia.
 
 
Dia menuturkan, sekitar 200 orang korban gempa Donggala terdaftar sebagai pasien RS Wahidin hingga hari ini. "Laporan tadi 180 sampai 200 orang. Ya kurang lebih 200 oranglah tapi pasti bertambah lagi," ujarnya.
 
Sebagai informasi, Kementerian Pertanian (Kementan) hari ini mengirimkan 500 truk bantuan logistik senilai Rp 25 miliar ke Palu dan Donggala. Bantuan tersebut dalam bentuk makanan dan juga minuman.
 
"500 truk senilai Rp 25 miliar. Barusan bertambah lagi Rp 500 juta. Ini dalam bentuk makanan, kita kirimkan ke palu hari ini," ungkapnya.
 
Oleh sebab itu, Mentan Amran dipastikan akan berangkat ke Palu esok hari guna mencermati pendistribusian pasokan logistik itu langsung dari Donggala.
 
"Insha Allah besok ke Palu, kita akan monitor bantuan 500 truk ini apakah sudah sampai apa belum. Supaya terdistribusi dengan baik," tandasnya.
 
 
 
2 dari 2 halaman

Kementan Kirim 500 Truk Bantuan Logistik ke Palu dan Donggala

Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan kemanusiaan pada Kamis (4/10/2018) bagi korban gempa dan tsunami Donggala dan Palu di Makassar, Sulawesi Selatan. Kementan mengirimkan 500 truk bantuan logistik kepada para korban tersebut.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, puluhan truk terlihat siap mengantarkan logistik tersebut sebagai kegiatan sosial untuk saudara di Donggala. Truk-truk ini secara bertahap akan dikirimkan ke Provinsi Sulawesi Tengah.

"Sudah kami siapkan selama 3 hari khusus untuk bantuan hari ini dan atas perintah bapak presiden. Kami siap melepas 500 truk buat teman-teman di Palu. Kami akan ke Palu besok usai bantuan ini sampai disana," tutur Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Makassar, Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menjelaskan, sebanyak 319 truk akan dikirimkan ke Donggala hari ini. Ia juga menyebutkan telah mengumpulkan sebesar Rp 6 miliar dana sosial dari para pengusaha.

"319 truk berangkat hari ini sisanya kemudian akan berangkat. Kurang dari sejam kami juga sudah dapat Rp 6 miliar dari para pengusaha untuk korban bencana. Sebesar Rp 6 miliar ini akan kami gunakan untuk bangun rumah," ujar dia.

Ia pun apresiasi atas usulan Kementan untuk gerakan sosial bagi para korban bencana itu. "Kami berterima kasih atas inisiasi bapak menteri bagi para korban. Moga hal-hal seperti ini dapat kita teruskan atau bahkan kita tingkatkan," pungkas dia. 

 

Minum Miras Oplosan, 6 Warga Tewas
Loading
Artikel Selanjutnya
Inggris Tambah Bantuan Senilai Rp 19 Miliar untuk Korban Gempa-Tsunami Palu
Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani Kirim 40 Relawan Kemenkeu ke Palu dan Donggala