Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Kredit Smartphone

Berpikir untuk membeli smartphone secara kredit? Pertimbangkan hal-hal berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Jika saat ini Anda berencana untuk membeli smartphone, mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk membelinya dengan kredit atau tunai. Saat ini, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Namun terkadang, smartphone yang Anda inginkan memiliki harga yang kurang sesuai dengan anggaran yang Anda sediakan. Lalu wajarkah apabila kita membeli smartphone lewat kredit atau cicilan?

Menurut perencana keuangan Safir Senduk, hal ini tidak menjadi masalah apabila smartphone sudah menjadi kebutuhan utama Anda.

Alasan kedua adalah apabila Anda benar-benar membutuhkannya, namun tidak memiliki uang tunai yang cukup. Bagaimana bila Anda memiliki tunai tetapi ingin membelinya secara kredit? 

Pada akhirnya, pilihan memang di tangan Anda. Namun, Anda juga harus ingat bahwa smartphone merupakan barang elektronik yang nilainya akan menurun seiring berjalannya waktu. Sementara kredit yang Anda bayar nilainya akan meningkat karena adanya bunga.

Ini bukan berarti Anda tidak dianjurkan membeli smartphone secara kredit. Menurut Safir Senduk, Anda bisa membeli smartphone secara kredit apabila cicilan tersebut tidak dikenakan bunga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Sembarang Kredit

Selain itu, jangan lupa pastikan bahwa Anda mengambil kredit pada jalur yang tepat.

Biasanya, toko-toko penjualan smartphone bekerjasama dengan beberapa lembaga multifinance yang melayani pembelian kredit dengan keuntungan-keuntungan tertentu yang bisa Anda dapatkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk berpikir dengan matang sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk membeli smartphone. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.