Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Kredit Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Jika saat ini Anda berencana untuk membeli smartphone, mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk membelinya dengan kredit atau tunai. Saat ini, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Namun terkadang, smartphone yang Anda inginkan memiliki harga yang kurang sesuai dengan anggaran yang Anda sediakan. Lalu wajarkah apabila kita membeli smartphone lewat kredit atau cicilan?

Menurut perencana keuangan Safir Senduk, hal ini tidak menjadi masalah apabila smartphone sudah menjadi kebutuhan utama Anda.

Alasan kedua adalah apabila Anda benar-benar membutuhkannya, namun tidak memiliki uang tunai yang cukup. Bagaimana bila Anda memiliki tunai tetapi ingin membelinya secara kredit? 

Pada akhirnya, pilihan memang di tangan Anda. Namun, Anda juga harus ingat bahwa smartphone merupakan barang elektronik yang nilainya akan menurun seiring berjalannya waktu. Sementara kredit yang Anda bayar nilainya akan meningkat karena adanya bunga.

Ini bukan berarti Anda tidak dianjurkan membeli smartphone secara kredit. Menurut Safir Senduk, Anda bisa membeli smartphone secara kredit apabila cicilan tersebut tidak dikenakan bunga.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Sembarang Kredit

Selain itu, jangan lupa pastikan bahwa Anda mengambil kredit pada jalur yang tepat.

Biasanya, toko-toko penjualan smartphone bekerjasama dengan beberapa lembaga multifinance yang melayani pembelian kredit dengan keuntungan-keuntungan tertentu yang bisa Anda dapatkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk berpikir dengan matang sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk membeli smartphone. (Felicia Margaretha)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: