Sukses

Tips Sukses Kerja Magang demi Membangun Karier

Liputan6.com, Jakarta Magang umumnya dilakukan saat masih sekolah atau saat kuliah. Namun banyak juga yang magang di perusahaan saat sudah lulus kuliah. Tujuannya, sebagai pembelajaran untuk menghadapi dunia kerja dan membangun karier ke depannya.

Magang dinilai sebagai pintu gerbang menuju dunia kerja yang sebenarnya. Ini karena beban pekerjaan yang didapatkan sudah seperti halnya bekerja sungguhan, walaupun bobotnya belum sama persis.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang sedang magang, lakukan tips berikut ini untuk membangun karier nantinya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Minta Rekomendasi dari Pegawai di Perusahaan Lokasi Magang

Meminta rekomendasi sangatlah penting untuk karier kamu ke depannya. Bagi kamu yang sedang magang, cobalah bekerja sebaik-baiknya. Bersikap baiklah di kantor dan menjaga komunikasi dengan pegawai-pegawai di sana agar punya nilai baik.

Bukan tidak mungkin, setelah selesai magang nantinya kamu akan ditarik bergabung dengan mereka atau dilirik perusahaan lain. Rekomendasi bisa juga dilakukan di jejaring profesional LinkedIn.

Mintalah atasan-atasan di tempat magang atau pegawai-pegawai lain untuk menuliskan rekomendasi tentang kinerjamu di LinkedIn selama magang di perusahaan tersebut.

Dengan begitu, profil kamu akan semakin dilirik personalia (human resourches department/HRD) suatu perusahaan yang jadi incaran.

2 dari 4 halaman

2. Simpan Kontak Pegawai di Tempat Magang

Mintalah kontak-kontak atasan maupun rekan kerja setelah selesai bekerja di tempat magang. Kontak dimaksud seperti nomor telepon, WhatsApp, e-mail, dan lainnya. Sehingga kamu akan mudah menjaga komunikasi dengan rekan kerja setelah selesai magang.

Jika tetap menjaga hubungan baik dengan mereka, maka kamu akan dengan mudah menanyakan sesuatu hal terkait dunia kerja kelak.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi jika nantinya ada lowongan ketika sudah lulus. Berguna sekali, bukan? (Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai)

3. Jangan Segan Minta Nasihat Membangun

Bekerja bersama dalam suatu kurun waktu, menjadikan rekan kerja mengenal kamu lebih jauh. Untuk itu, tanyakan saran kepada mereka, seperti “Saya cocoknya bekerja di mana ya?” atau “Apa yang harus ditingkatkan dalam diri saya?” dan sebagainya.

Nasihat dari rekan kerja akan sangat berguna nantinya. Sehingga kamu jadi tahu kelebihan dan kelemahan diri. Jika ada kelemahan, kamu bisa perbaiki nantinya. Hal ini juga bisa dilakukan pada atasan. Mintalah nasihat dari atasan di perusahaan saat sudah selesai magang nanti.

3 dari 4 halaman

4. Buat Evalusasi dari Hasil Magang

Setelah magang, evaluasi diri kamu dan perusahaan tempat magang. Apa saja kelebihan dan kekurangan magang di perusahaan tersebut. Catat semuanya sedetail mungkin. Ini berguna karena magang merupakan gambaran nyata akan dunia kerja nantinya.

Misalnya, apakah kamu cocok bekerja dalam tim atau lebih nyaman sendiri? Apakah kamu cocok bekerja dengan orang yang bossy? Apakah kamu terbiasa dengan deadline yang mepet? Hal-hal tersebut akan berguna untuk menentukan pekerjaan kamu setelah lulus nantinya.

5. Kumpulkan Portofolio

Di tempat magang, pasti ada sesuatu yang bisa dijadikan sebagai portofolio. Misalnya karya yang sudah kamu buat atau proyek yang sudah diselesaikan. Catat semua dan jangan sampai terlewat. Lalu tuliskan dalam CV agar lebih menarik.

Misalnya magang sebagai desainer grafis, maka bisa mengumpulkan gambar-gambar yang sudah kamu buat sebagai tugas dari perusahaan. Simpan gambar-gambar tersebut dan lampirkan ke dalam portofolio saat melamar pekerjaan nantinya. (Baca Juga: Tips Tingkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang)

4 dari 4 halaman

6. Buat Laporan Magang dengan Benar

Setelah magang, kamu pasti diharuskan untuk menuliskan laporannya. Hal tersebut meliputi tugas apa saja yang kamu emban selama magang. Selanjutnya, atasanmu saat magang akan memberi nilai selain nilai dari kampus.

Untuk itu, bekerjalah sebaik mungkin agar nilai magang juga baik. Jika nilai magang baik, bukan tak mungkin nantinya kamu akan mudah dapat pekerjaan di perusahaan tersebut atau memudahkan untuk dilirik perusahaan lain yang jadi incaran kamu.

Jangan Sia-siakan Kesempatan Magang

Magang memberikan pengalaman berharga yang nantinya akan berguna saat kamu sudah kerja sungguhan. Singkat kata, magang membuat kamu tidak kaget dengan dunia kerja nantinya. Oleh sebab itu, lakukan hal-hal di atas agar magangmu lebih bermanfaat. Jangan lupa juga berperilaku baik karena kamu membawa nama baik kampus saat magang dan raihkan kesuksesan dalam berkarier nantinya.

Artikel Selanjutnya
6 Cara Cepat Dapat Kerja Usai Lulus Kuliah
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mudah Berhemat tapi Enggak Bikin Tersiksa