Sukses

Tips agar Status Magang Naik Peringkat Jadi Karyawan

Bukan hanya berlaku untuk karyawan, tetapi untuk Anda yang sedang magang juga diharuskan datang tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mahasiswa, momen magang sudah menjadi bagian dari syarat kelulusan. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan perusahaan yang memiliki kesempatan besar agar diangkat sebagai karyawan.

Selama magang, Anda akan mengenal kebiasaan dan kehidupan dunia kerja secara profesional sebelum nantinya terjun langsung setelah lulus.

Ketika Anda sudah mendapatkan atau mulai magang di sebuah perusahaan, inilah saatnya menunjukkan kemampuan terbaik. Hingga akhirnya Anda memiliki peluang untuk diminta pihak perusahaan bekerja di sana usai menamatkan pendidikanmu.

Memang, untuk mengubah status dari anak magang menjadi karyawan memang tidak mudah. Anda harus menyadari bahwa magang bukan hanya belajar, tetapi Anda sudah masuk pada tahap bekerja sebagai profesional.

Buat Anda yang ingin mengubah dari status magang menjadi karyawan di tempat magang, bisa terapkan hal berikut, seperti dikutip dari Karir.com, Senin (25/9/2017).

Datang tepat waktu

Bukan hanya berlaku untuk karyawan, Anda yang sedang magang juga diharuskan datang tepat waktu. Usahakan datang minimal 30 menit sebelum jam kerja dimulai.

Datang lebih awal akan membuat kesan baik di mata atasan Anda dan bahkan HRD.

Datang tepat waktu juga merupakan salah satu wujud dari pribadi yang disiplin, menghargai waktu, serta merupakan tanda keseriusan Anda untuk belajar dan bekerja secara profesional.

Berpakaian yang rapi

Jika selama di kampus Anda memiliki penampilan yang apa adanya, celana sobek-sobek, pakai kaus, sandal jepit dan terkesan berantakan. Ketika Anda sudah magang, ubah penampilan itu menjadi lebih rapi.

Berpakaian rapi bukan berarti Anda harus berpakaian yang bermerek dan mahal, tetapi berpakailah layaknya pakaian untuk bekerja. Sebab, kesan pertama dalam bekerja merupakan hal penting apakah Anda sosok yang profesional atau tidak.

Aktif

Menjadi seorang yang aktif dan menunjukkan antusiasmu dalam bekerja bisa menjadi nilai tambah yang menguntungkan diri Anda. Di sini, Anda menunjukan bahwa memiliki ketertarikan dengan pekerjaan yang diberikan. Anda juga jangan hanya menunggu disuruh, tetapi Anda harus berinisiatif untuk bertanya jika mengalami kesulitan.

Terimalah dan kerjakan tugas apa pun yang diberikan kepadamu, jangan pernah mengeluh selama tugas-tugas tersebut masih ada kesinambungan dengan yang kamu pelajari di kampus. Sebab di sini posisi Anda sedang belajar dunia profesionalitas, jadi tidak ada salahnya melakukan apa yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga hubungan baik

Jaga hubungan baik dengan atasan

Memiliki hubungan yang baik dengan atasan bisa memberi peluang besar untuk Anda mengubah status dari magang menjadi karyawan. Sebab, atasan Anda langsung yang dapat menilai dan mengetahui akan performa selama magang dan menjadi pembimbing di kantor.

Jalin komunikasi dengan teman kerja

Selain memiliki relasi yang baik dengan atasan, Anda juga harus menjalin hubungan serta komunikasi dengan teman-teman kerjamu selama magang. Menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan bisa menambah wawasan dan hal-hal mengenai profesionalitas kerja.

Jika sudah memiliki hubungan yang baik dengan teman kerja, jangan sampai Anda tidak bisa mengontrol diri. Perlu diingat bahwa Anda disini dengan posisi sedang belajar dan bekerja. Jadi, Anda dituntut untuk bersikap profesional dan jangan sampai merusak reputasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.