Sukses

Sosok Nicke Widyawati, Dirut Baru Pertamina yang Punya Banyak Terobosan

Menteri BUMN Rini Soemarno mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - Pagi ini, Rabu (29/8/2018), Nicke Widyawati diangkat menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Posisi dirut perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia tersebut sudah kosong selama kurang lebih empat bulan. 

Lantas, bagaimana sepak terjang wanita ini di dunia badan usaha milik negara (BUMN)?

Nicke Widyawati sebetulnya bukan orang baru di Pertamina. Sebelumnya ia sudah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina semenjak turunnya Elia Massa Manik pada April lalu.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) ini memiliki fondasi karier yang kuat di BUMN. 

Sebelumnya, Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur di BUMN minyak dan gas (migas) tersebut.

Di luar Pertamina, dia pernah menjabat di PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1.

Semasa ia menjabat sebagai Plt Dirut Pertamina, Nicke melakukan beberapa terobosan seperti mendorong penambahan produksi blok migas Rokan, dan melakukan eksplorasi 7.000 titik baru. 

Inovasi yang dilaksanakan pada era Nicke Widyawati sebagai pelaksana tugas adalah keberadaan barcode pada Elpiji untuk mengawasi penyebaran gas melon. Selain itu, ada juga gas Elpiji 3 kilogram berwarna pink. 

Akhirnya, Menteri BUMN Rini Soemarno resmi menunjuk Nicke sebagai Dirut Pertamina. Nicke berhasil mengalahkan dua nama lain yang juga disodorkan Rini ke Presiden Joko Widodo. 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri BUMN Angkat Nicke Widyawati Jadi Dirut Pertamina

Untuk diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Sebelumnya, Nicke menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BUMN tersebut.

"Barusan pengangkatan Bu Nicke sebagai Dirut (Direktur Utama)," jelas Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Pengangkatan dilakukan di Kantor BUMN pada Rabu pagi ini, oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. 

Ia melanjutkan, Menteri BUMN juga mengangkat dua pejabat lain di Pertamina. "Pak Darmawan Samsu sebagai Direktur Hulu dan Pak Koeshartanto sebagai Direktur SDM," kata dia.

Sebelum menjadi Plt, Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas (migas) tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.