Sukses

7 Tips Mengembalikan Kebahagiaan Setelah Putus Cinta

Liputan6.com, Jakarta - Kisah percintaan seseorang tidak selalu berjalan mulus seperti yang diharapkan. Ada kalanya Anda sangat senang karena diberi kejutan oleh pasangan. Ada kalanya Anda merasa sangat sedih karena harus menghadapi banyak permasalahan yang berujung pada berakhirnya kisah percintaan yang sudah dirajut sekian lama.

Putus cinta memang hal yang paling menyakitkan dalam hidup. Tapi ingatlah satu hal. Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Putus cinta hanya awal dari kebahagiaan yang tertunda.

Daripada terus-menerus larut dalam kesedihan, lebih baik lakukan tips mengembalikan kebahagiaan setelah putus cinta berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berbagi dengan Keluarga dan Teman

Dia yang selalu ada di sampingmu pada akhirnya akan hilang secara perlahan setelah putus cinta. Namun, bukan berarti kalau Anda selalu sendiri. Ingatlah, masih ada keluarga dan teman yang akan selalu ada untuk mendukung apapun yang Anda lakukan dalam hidup ini.

Jika Anda masih merasa sedih dan galau akibat ditinggalkan si dia, hubungi keluarga atau teman yang siap untuk mendengarkan seluruh isi hatimu. Mintalah saran terbaik untuk membantu Anda cepat-cepat melupakan mantan. Sehingga hidupmu pun akan kembali bahagia tanpa si dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 4 halaman

2. Belajar Menyibukkan Diri

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk melupakan mantan. Jadwalkan seluruh aktivitas yang akan Anda lakukan dan belajarlah untuk menyibukkan diri.

Mungkin Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri pada keadaan saat ini. Tapi percayalah, dengan daftar rutinitas yang padat, Anda mampu melupakan mantan seiring berjalannya waktu. (Baca Juga: Tips Menghabiskan Akhir Pekan Lebih Produktif)

3. Mencari Penghiburan Lewat Rekreasi

Bila sebelumnya akhir pekan selalu Anda habiskan bersama mantan, kini bisa bersama keluarga atau teman untuk menikmati weekend. Anda juga bisa mengajak orang lain untuk pergi berlibur demi menghilangkan kegalauan hati.

Pergilah ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian supaya hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Hindari berlibur ke tempat favorit Anda saat masih dengan mantan pacar. Hal ini bukannya membuat Anda cepat move on, melainkan larut dalam kesedihan masa lalu dan kembali teringat pada si dia. (Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara)

3 dari 4 halaman

4. Menghapus Semua Kenangan Lama

Kenangan lama yang dulu pernah ada bersama mantan pacar bisa dihapus sedikit demi sedikit. Mulailah dengan berhenti menghubungi mantan. Setelah itu, buanglah seluruh pemberian mantan agar Anda tidak selalu teringat kepadanya.

Ambil langkah dengan cepat supaya Anda bisa segera move on dan kembali kepada kebahagiaan yang dulu pernah mewarnai hidup Anda.

5. Selalu Berpikir Positif

Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Berhentilah bersedih dan menyalahkan diri sendiri usai putus cinta. Tetaplah berpikir positif dan fokus pada tujuan hidup Anda di masa depan agar apa yang pernah Anda impikan dapat terwujud.

Melupakan mantan memang tidak semudah mengucapkan kata maaf. Tapi dengan pikiran positif, wajah mantan pun perlahan-lahan akan hilang ditelan waktu. Sehingga hari demi hari bisa dijalani dengan kebahagiaan.

4 dari 4 halaman

6. Belajar Memaafkan dan Mengikhlaskan

Meskipun mantan telah menyakiti hati dan membuatmu larut dalam kesedihan, jangan pernah menyimpan rasa dendam padanya. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan mantan dan ikhlaskan jalinan cinta yang pernah dirajut selama bertahun-tahun.

Hidup Anda tidak berhenti sampai di sini. Kalau terus menerus menyimpan dendam kepada mantan, kebahagiaan pun akan sulit dicapai. Sebab, kebencian yang melekat menandakan kalau Anda belum cukup dewasa untuk menghadapi masalah dalam hidup.

7. Membuka Hati untuk Orang Lain

“Mati satu, tumbuh seribu”. Inilah kata kiasan yang sering diungkapkan orang yang patah hati supaya cepat move on dari mantan. Tidak dapat dimungkiri, kesedihan yang dirasakan akibat putus cinta bisa diobati dengan merajut kisah cinta yang baru bersama orang lain.

Buka hati yang dulu pernah tertutup dan biarkan orang lain masuk dalam kehidupan Anda saat ini. Habiskan waktu bersama teman dan bersenang-senanglah. Siapa tahu Anda bisa menemukan tambatan hati yang baru di sana.

Cobalah Bangkit dari Keterpurukan

Seperti seribu tusukan jarum yang dimasukkan ke dalam tubuh, itulah yang sering kita rasakan setelah putus cinta. Sesakit apapun itu, kita harus bangkit dari keterpurukan.

Jangan biarkan kisah lama mengganggu kehidupan pribadi Anda. Tapi, jadikan kisah cinta di masa lalu sebagai metode pembelajaran untuk membangun kisah cinta yang lebih awet di masa yang akan datang. Sehingga Anda tetap bahagia meskipun sudah tersakiti.