Sukses

Investor Singapura Minat Kembangkan Pariwisata di Bakauheni Lampung

Bakauheni bisa menjadi destinasi wisata menarik karena memiliki lahan yang luas dan pemandangan yang cantik.

Liputan6.com, Jakarta Investor asing diketahui tertarik untuk mengembangkan sektor pariwisata di kawasan Bakauheni, Lampung. Keberadaan innvestor ini diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Minggu depan kita ketemu calon investor orang Singapura yang koordinasi di sini sudah ada pembicaraan. Kami ingin Bakauheni menjadi destinasi pelabuhan, di seberang ini ada 76 hektare," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi di Lampung, seperti dikutip Kamis (9/8/2018).

Dia berharap Bakauheni bisa menjadi destinasi wisata menarik karena memiliki lahan yang luas dan pemandangan yang cantik.

"Itu (di Lampung) ada puncak, ada siger itu topi orang Lampung, nah itu bisa paralayang destinasi wisata," sambung dia.

Ira menambahkan, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan pendekatan terhadap investor asal Singapura tersebut. Demikian pula nilai investasi yang akan ditanamkan masih pada tahap negosiasi.

Diketahui, ASDP  saat ini telah membangun terminal eksekutif berkonsep modern yang berada di Merak-Bakauheni. Keberadaan terminal ini diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata.

Di dalam terminal ini akan menghadirkan layanan hotel, restoran, retail, perkantoran, dan area komersial dengan desain interior yang megah.

Selain itu, ASDP juga tengah menghadirkan layanan kapal eksekutif yang ditargetkan nantinya dapat menempuh lintasan Merak-Bakauheni dengan waktu berlayar selama satu jam.

Untuk kapal eksekutif, ASDP sendiri merejuvinasi interior sejumlah kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni menjadi kapal yang memiliki nuansa berbeda dengan kapal ferry pada umumnya, baik dari segi fasilitas maupun kenyamanan yang lebih baik.

Jenis kapal yang dioperasikan adalah kapal roro (roll on roll off) dengan ukuran 13.000 GT dan 15.000 GT dan kapasitas penumpang 200 ribu orang.

"Mungkin harapan kami itu menjadi theme park sehingga kapal kita sudah menjadi experience orang biasanya naik mobil baru sampa safari. Nah ini udah naik kapal sebentar kapalnya asik experience lah kita lagi develop," pungkas Ira.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Asian Games 2018, ASDP Segera Operasikan Dermaga Eksekutif

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berupaya agar penyelenggaraan Asian Games 2018 dapat berjalan dengan lancar. Dalam kunjungannya ke Lampung,  Menteri Rini meninjau dermaga eksekutif di Merak guna memastikan layanan penyeberangan laut yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berjalan optimal demi mendukung perhelatan olahraga terbesar se- Asia tersebut.

"Saya terus memastikan bahwa BUMN pelayanan publik  terus memberikan pelayanan optimal sebagai bentuk dukungan bagi penyelenggaraan Asian Games 2018, " kata Rini di sela-sela tinjauannya di lokasi pembangunan Dermaga Eksekutif Merak.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyatakan, lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera diperkirakan akan meningkat trafiknya selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Ira mengatakan, untuk mendukung pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut, ASDP telah membangun terminal eksekutif berkonsep modern, yang diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata. Di dalam terminal ini akan menghadirkan layanan hotel, restoran, retail, perkantoran, dan area komersial dengan desain interior yang megah.

Selain itu, ASDP juga tengah menghadirkan layanan kapal eksekutif yang ditargetkan nantinya dapat menempuh lintasan Merak-Bakauheni dengan waktu berlayar selama satu jam.

"Karenanya ASDP akan mengoptimalkan layanan kapal dan dermaga untuk memberikan layanan prima kepada pengguna jasanya. Kita pertama ingin melihat orang melihat wajah pelabuhan penyebarangan itu berubah. Kita bersih lebih mengutamakan fasilitas-fasilitas dasar yang membuat orang nyaman" tutur Ira.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini