Sukses

Ingin Untung Besar Meski Investasi Jumlah Kecil? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, masyarakat Indonesia sedang mengalami transisi terkait persepsi investasi. Jika dulu investasi dianggap hanya mampu dilakukan orang kaya dan perusahaan besar, saat ini semua orang pun bisa. Pasalnya, hanya bermodal Rp 100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana.

Di luar sana ada banyak instrumen investasi. Mayoritas memang tidak membutuhkan dana besar. Kamu bisa memulainya dari dana yang kecil tapi mendapatkan untung besar.

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, ini dia instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan:

1. Investasi pada keahlianmu

Instrumen pertama adalah kemampuan yang belum kamu eksplorasi, latih, dan dapat berpotensi dalam kemajuan kariermu. Sebagai contohnya adalah pembelajaran aplikasi komputer yang baru, bahasa asing, public speaking, dan sales training. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan minat dan kebutuhan dalam peningkatan karier.

Keahlian seperti di atas bisa mengantarkanmu pada promosi atau mendapatkan pekerjaan baru dengan bayaran yang lebih menjanjikan, lo. Sebaiknya kamu mulai membekali diri dengan pelatihan-pelatihan. Keahlian sama sekali tidak merugikan. Sebaliknya, biasanya perusahaan mencari calon pekerja yang memiliki keahlian spesifik atau yang jarang dimiliki orang-orang.

2 dari 3 halaman

2. Membangun bisnis pribadi

Jika kamu memang memiliki bakat dan ketertarikan bisnis, kamu bisa memulai membangun bisnis. Ada banyak bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil. Sebagai contoh membuat website untuk berjualan produk tertentu, atau berburu barang antik dan menawarkannya kepada kolektor. Oh ya, barang antik tadi bisa kamu pajang di situs penjualan, seperti eBay atau Tokopedia.

3. Investasi bank

Sebenarnya investasi pada bank tidak menghasilkan keuntungan yang banyak, apalagi dengan kondisi perbankan saat ini. Namun, bank bisa memberimu keuntungan dengan berinvestasi secara kecil-kecilan (misalnya pasar uang atau sertifikat deposit). Intrumen ini memungkinkanmu mendapatkan bunga. Walau jumlahnya sedikit, kemungkinan kerugiannya sangat kecil.

Sebenarnya pilihan instrumen ini adalah yang terbaik, meskipun keuntungannya tidak langsung dalam jumlah besar. Jika kamu tertarik, untuk memulai membutuhkan modal USD 500 atau USD 1.000. Selanjutnya keuntungan dari instrument ini nantinya bisa kamu gunakan untuk instrumen investasi lainnya.

3 dari 3 halaman

4. Motif

Instrumen ini paling berbeda dari jenis instrument lainnya. Di sini kamu bisa membangun atau menginvestasikan dana kecil (mini mutual fund) yang ada berdasarkan kriteria investasi tertentu. Nah, mini mutual funds inilah yang disebut motif yang juga menjadi nama platform ini. Ilustrasinya, kamu bisa berinvestasi pada motif yang dibuat untuk daur ulang sampah di Panama atau membangun tenaga surya di Hawaii.

Ada banyak pilihan motif di luar sana. Kamu juga bisa membangun motif sendiri kalau tidak ada pilihan yang sesuai. Ada pun jumlah dana yang harus kamu sediakan minimal USD 250. Nominal tersebut digunakan untuk motif tunggal.

Ternyata investasi tidak harus menunggu kaya dan memiliki banyak uang. Kamu sudah bisa memulainya dari modal kecil. Toh, lama-lama uang kamu akan bertambah. Nantinya, hasil dari investasi bisa kamu investasikan lagi sehingga dana yang kamu dapatkan semakin banyak.

Video Populer Bisnis

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mau Belajar di Luar Negeri? Coba 5 Program Pertukaran Pelajar Ini
Artikel Selanjutnya
5 Wanita Ini Buktikan Usia Tak Halangi Kesuksesan