Sukses

Ingin Meningkatkan Penjualan? Cobalah 4 Alat e-Commerce Gratis Ini

Liputan6.com, Jakarta - Membangun bisnis e-commerce yang sukses atau toko online adalah tugas yang membutuhkan banyak pekerjaan. Anda tidak hanya harus mengelola promosi, pemasaran, dan penjualan, tetapi Anda juga perlu mengumpulkan data, mengoptimalkan halaman produk Anda, menjalankan kampanye pemasaran e-mail, dan melakukan lebih banyak lagi untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis Anda.

Tentunya, Anda tidak dapat melakukan semua hal ini sendirian. Anda memerlukan bantuan dari alat yang tepat untuk mengotomatiskan beberapa proses ini, menganalisis dan mengumpulkan data untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Anda tidak perlu menghabiskan seluruh anggaran pemasaran untuk mencapai sasaran ini. Untungnya, ada banyak alat gratis hebat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan banyak pekerjaan pada situs e-commerce Anda.

Beberapa alat terbaik yang dapat Anda gunakan antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. MailChimp

Pemasaran e-mail adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis e-commerce. Ini adalah bagian dari segalanya, mulai dari menghasilkan prospek hingga menjalankan kampanye promosi, dan masih banyak lagi.

Ketika membangun daftar e-mail, MailChimp adalah layanan pemasaran e-mail hebat yang dapat Anda gunakan untuk memulai secara gratis. Dengan lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, MailChimp tidak hanya layanan pemasaran e-mail paling populer yang tersedia saat ini, tetapi juga satu-satunya perangkat lunak yang menawarkan paket gratis selamanya dengan otomatis.

Cara menggunakannya: Sebagai bisnis e-commerce atau toko online, Anda dapat menggunakan MailChimp untuk membuat serangkaian e-mail untuk membuat corong guna mengonversi prospek menjadi penjualan. Anda juga dapat membuat e-mail tindak lanjut otomatis untuk terlibat kembali dengan pengguna yang meninggalkan keranjang belanja Anda. Selanjutnya, Anda dapat membangun daftar e-mail dengan segmen.

Tip: Paket gratis MailChimp dapat menampung daftar e-mail hingga 2.000 pelanggan.

2 dari 3 halaman

2. HubSpot CRM

Menjalankan bisnis melibatkan banyak corong, log, basis data, dan pelacakan. Anda memerlukan sistem yang tepat untuk mengelola semua aspek teknis dari bisnis Anda tanpa tersesat.

HubSpot CRM (customer relationship management) adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. HubSpot CRM adalah platform all-in-one yang memungkinkan Anda mengelola penjualan dan proses pemasaran dari satu dasbor. Dan itu selamanya gratis.

Cara menggunakannya: HubSpot CRM akan membantu Anda mengelola semua yang terkait dengan proses penjualan Anda, termasuk corong penjualan. Anda dapat melacak interaksi pelanggan, menemukan informasi tentang prospek, membuat urutan e-mail yang dipersonalisasi, dan banyak lagi.

Tip: HubSpot juga memiliki pusat pemasaran gratis dan perangkat lunak pusat penjualan, yang juga akan berguna untuk mengelola jalur penjualan, membuat e-mail penjangkauan otomatis, membuat tindak lanjut, melacak pelanggan, dan menutup lebih banyak transaksi.

3. Nelio AB Testing

Sebagai bisnis e-commerce, Anda harus selalu meningkatkan toko dan situs web Anda dengan menguji strategi dan taktik baru untuk memanfaatkan upaya pemasaran Anda. Biasanya, ini melibatkan pengujian Nelio AB Testing untuk mencari tahu tata letak situs web apa yang berfungsi paling baik dan warna mana yang mendorong lebih banyak.

Nelio AB Testing adalah web yang dapat Anda gunakan untuk tugas ini. Web ini hadir dengan uji coba gratis, yang memberi Anda beberapa alat yang berguna dan waktu yang cukup untuk menjalankan beberapa tes untuk mengoptimalkan situs web dan halaman produk Anda.

Cara menggunakannya: Selain alat pengujian Nelio AB Testing, dapat Anda gunakan untuk memisahkan sampai menguji halaman Anda, posting blog, beranda dan seluruh tema, Nelio juga dilengkapi dengan fitur heatmap yang efektif.

Tip: Dengan menggunakan Heat Maps, Anda dapat mempelajari area mana dari situs web Anda yang perlu ditingkatkan, dengan melacak perilaku pengguna dan melihat tombol, gambar, dan tautan mana yang paling diperhatikan.

3 dari 3 halaman

4. Elementor

Seiring pertumbuhan bisnis online Anda, akan ada saatnya ketika Anda harus mengubah desain situs web Anda untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Merubah situs web dulu mahal, tapi sekarang tidak lagi. Jika Anda memiliki situs web WordPress, Anda dapat menggunakan seperti Elementor untuk mendesain tata letak khusus dan laman web tanpa pengkodean atau pengetahuan desain web apa pun.

Cara menggunakannya: Elementor adalah situs web yang dirancang dengan editor live. Anda dapat mendesain halaman rumah khusus, halaman produk lebih efektif, halaman arahan dan halaman penjualan dengan memindahkan elemen desain ke dalam kanvas kosong.

Tip: Elementor juga mendukung e-commerce, seperti WooCommerce untuk menyusun halaman produk yang lebih baik

Mengelola dan menumbuhkan bisnis e-commerce tidak selamanya Anda bisa kerjakan sendiri. Dengan meminta sedikit bantuan kepada situs web, pekerjaan Anda tidak lagi begitu berat. Selama Anda memiliki alat terbaik di pihak Anda, Anda dapat mencapai semua tujuan Anda dengan upaya minimal.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pelanggan Mangkir Bayar Tagihan
Artikel Selanjutnya
Mau Bisnis Properti? Ikuti 3 Cara Ini, Dijamin Untung!