Sukses

Kebijakan Satu Arah di Cipali Masih Berlanjut, Menhub Minta Pemudik Tunda Kepulangan

Kemungkinan besar skema one way masih akan terus diberlakukan pada ruas Tol Cipali. Namun, hal itu sepenuhnya wewenang kepolisian dengan melihat kondisi di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Arus balik kendaraan yang melalui ruas Tol Cipali dan Cipularang menuju Jakarta semakin meningkat. Mengantisipasi kemacetan panjang, Kepolisian dan Jasamarga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way mengarah ke Jakarta mulai Selasa (19/6/2018) sore.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kemungkinan besar skema one way masih akan terus diberlakukan pada ruas Tol Cipali. Namun, hal itu sepenuhnya wewenang Kepolisian dengan melihat kondisi di lapangan.

"Ada kecenderungan seperti yang terjadi tadi malam. Mulai dari Brebes itu dilakukan one way dari Brebes sampai Jakarta bahkan. Kami diskusi dengan Polri. Kemarin itu jam tiga diinformasikan akan dilakukan one way mungkin dengan skema yang sama, akan ada announcement dari Kakorlantas apa ini akan one way atau tidak. Kecenderungan akan dilakukan. Tapi komando ada di Kakorlantas," ujar dia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6/2018).

Selain itu, kata Budi ada rencana untuk memberlakukan contra flow secara permanen di ruas Tol Cipali. "Dalam diskusi dengan Polri memang ada beberapa skenario. Untuk di Cipali bisa dikatakan contra flow menjadi permanen. Karena memang load dari timur ke barat itu lebih banyak dari barat ke timur," kata dia.

Karena itu, dia menghimbau masyarakat yang berencana kembali hari ini, agar mengatur kembali jadwal kepulangan ke Ibu Kota agar jangan sampai malah terjebak kepadatan.

"Sehingga mereka aware, bahwasanya mereka harus mencari jalan kedua kalau bisa mereka menunda jangan hari ini, besok saja. Besok pasti sudah mulai turun, Jumat-Sabtu, masih bisa berakhir pekan. Jadi, bagi pemudik untuk Lebaran ketupat jangan hari ini. Karena besar ini akan dilakukan one way," dia menandaskan.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Balik, One Way Diberlakukan dari Tol Cipali hingga JORR

Arus balik kendaraan melalui Tol Jakarta-Cikampek dari ruas Tol Cipali dan Cipularang menuju Jakarta makin meningkat. Mengantisipasi kemacetan, Kepolisian dan Jasamarga melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah atau one way mengarah ke Jakarta.

"Sebelumnya sistem satu arah diberlakukan mulai Karawang Timur Km 47 menuju Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB kembali diperpanjang mulai Tol Cipali Km 82 hingga tol JORR Jakarta Timur Km 0," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, Selasa (19/06/2018).

Ia mengatakan, one way atau satu arah pada arus balik diberlakukan kembali guna mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang mengalir dari arah Cipali, Cikampek, dan Purbaleunyi menuju Jakarta karena volume kendaraan yang masuk Tol Cikampek terus bertambah.

"Contra flow sudah diberlakukan, ternyata volume kendaraan masih padat dan makin meningkat, sehingga upaya terakhir diberlakukan one way," kata Slamet.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.