Sukses

10 Kota Terbaik di Indonesia untuk Pebisnis Muda, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta- Anak muda yang kekinian adalah mereka yang penuh kreativitas, energik, dan berwawasan luas. Mereka mampu menciptakan inovasi-inovasi baru termasuk dalam bisnis.

Coba saja kita lihat, saat ini banyak beraneka ragam usaha anak-anak muda yang inovatif dalam berbagai bidang, mulai dari fesyen, kuliner, travel, juga bidang jasa. Pangsa pasar mereka biasanya anak muda juga, walau tak jarang orang dewasa turut meramaikan.

Daerah-Daerah Peraih Penghargaan dari Kemenpora

Penentuan lokasi untuk bisnis merupakan hal yang sangat penting. Jika sasarannya anak muda, tentu lokasinya pun harus yang banyak anak mudanya. Itu pasti.

Berikut adalah daerah-daerah di Indonesia yang potensial untuk dijadikan tempat bisnis dan telah ditetapkan oleh Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) sebagai wilayah yang layak bisnis bagi anak muda:

1. Bandung

Kota Bandung atau Paris Van Java. Julukan tersebut sudah sangat sering terdengar hingga tak asing lagi. Banyak seniman Indonesia yang lahir dan tumbuh di kota ini.

Selain itu, Kota Bandung juga saat ini sudah menjadi gudangnya para anak muda kreatif. Bisnis-bisnis baru muncul dari sini. Banyak kampus berada di kota ini, sangat cocok untuk memulai bisnis Anda. Namun, harus kreatif ya. Jika tidak, maka akan sia-sia.

2. DKI Jakarta

DKI Jakarta juga merupakan daerah yang layak untuk bisnis anak muda. Ibu kota termasuk salah satu tempat berkumpulnya para kawula muda. Kita perhatikan saja di kafe-kafe, restoran, mal, kedai kopi, hingga ruang publik, setiap harinya dipadati anak muda.

Proses peizinan usaha di Jakarta juga sangat mudah. Bahkan Pemprov DKI Jakarta sering sekali bikin program perizinan di mal.

1 dari 5 halaman

3. Makassar

Kota Makassar termasuk dalam daftar kota layak pemuda yang diberikan Kemenpora. Banyak komunitas yang digerakkan anak muda di Makassar. Ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk bisnis Anda. Area wisata di Makassar bisa dijadikan tempat bisnis, apalagi ditambah sentuhan anak muda kreatif yang kekinian.

4. Padang

Kota Padang, salah satu daerah termaju di Sumatra Barat. Padang menjadi salah satu kota penerima pengharagaan daerah layak pemuda tahun 2017. Dan menjadi tuan rumah pada acara penganugerahannya tersebut.

 

2 dari 5 halaman

5. Tangerang

Kota Tangerang, merupakan salah satu daerah yang fokus terhadap kegiatan anak muda. Wali Kota Tangerang Arief Firmansyah baru-baru ini membuka kegiatan Workshop Film dan Foto. Ini merupakan sinyal bisnis yang bisa ditangakap untuk bergerak dalam bidang tersebut.

6. Ternate

Ternate, Provinsi Maluku Utara. Saat ini sedang berkembang dengan pesat. Beragam penghargaan telah diraih. Salah satunya adalah kota transparan dalam sistem pengelolaan keuangan dari Universitas Gadjah Mada dan kota peduli Hak Asasi Manusia 2017. Terakhir, kota ini juga masuk daftar kota layak pemuda dari Kemenpora. Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis di kota ini, kesempatan sangat terbuka lebar pastinya.

 

3 dari 5 halaman

7. Banda Aceh

Kota Banda Aceh, yang tercatat sebagai salah satu kota paling tua di Asia Tenggara ini, memiliki banyak potensi untuk bisnis anak muda. Misalnya kopi, karena kopi Aceh sangat terkenal.

8. Kota Tangerang Selatan

Kota ini terletak di Provinsi Banten. Agenda bisnis anak muda kerap digelar di kota ini. Salah satunya adalah ajang Tangsel Youth Fest. Ajang ini digelar untuk mengasah bisnis anak muda.

Bisnis fesyen dan kuliner sangat cocok di sini, sebab dengan banyaknya perumahan yang dibangun, akan menambah kebutuhan untuk hal tersebut.

 

4 dari 5 halaman

9. Kota Pontianak

Kota ini sering sekali menerima penghargaan. Mulai dari kota terbaik dalam hal pengelolaan ekonomi daerah, kota terbaik yang bersih dari korupsi, hingga kota terbaik dalam hal inovasi.

Wah… cocok banget nih untuk mengembangakan bisnis para kawula muda. Membuka usaha kuliner atau fesyen misalnya. Bisa dilakukan di sini sebab kota ini sedang berkembang.

10. Kabupaten Bantaeng

Satu-satunya kabupaten yang memperoleh penghargaan daerah layak pemuda dari Kemenpora. Mungkin banyak orang yang tidak tahu atau baru dengar soal Kabupaten Bantaeng. Daerah yang dulu sering banjir ini sekarang sedang berkembang dan menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan.

Saat ini Kabupaten Bantaeng dikenal sebagai kawasan industri dan wisata sejarah. Untuk usaha travel atau kuliner di sana sangat memungkinkan untuk berkembang.

Itulah daerah-daerah yang patut jadi incaran pengembangan bisnis atau untuk merintis usaha kaum muda. 10 kota tersebut memiliki prospek yang bagus untuk bisnis Anda. Apalagi setelah dinobatkan sebagai kota/kabupaten layak pemuda oleh Kemenpora.

Tentu akan semakin menguatkan alasan Anda untuk memilihnya. Dan secara kebijakan, fasilitas, dan kemudahan akses untuk para pemuda beraktivitas, berwiraswasta, serta mengembangkan bakat, tentu akan mendapat kemudahan dari pemerintah untuk daerah-daerah tersebut.

Sumber : www.wormtraders.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Begini Efek Psikologis Piala Dunia ke Pasar Saham
Artikel Selanjutnya
11 Negara Paling Banyak Beli Tiket Piala Dunia 2018, Mana Saja?