Sukses

Tips Mudik Asyik dan Nyaman dari Menhub

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan beberapa tips agar mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik. Masyarakat diminta dapat memilih moda transportasi yang tepat sesuai dengan kenyamanan para pemudik.

"Untuk mudik, karena kita ingin sekali mudik ini guyub rukun. Ada beberapa tips yang disarankan, tentunya rencanakan mudik itu dengan baik. Baik yang menggunakan moda angkutan laut, udara, kereta api maupun yang lain, jadi masyarakat harus memilih yang terbaik untuk dirinya," ungkap Budi Karya di Mabes Polri Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Lebih jauh dia mengatakan, untuk moda transportasi udara sepenuhnya sudah dipersiapkan dengan baik oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun Budi Karya mengimbau kepada masyarakat yang memilih menggunakan transportasi pesawat ketika mudik, agar tidak membuat lelucon tentang adanya bom.

"Kalau untuk udara, saya pikir sudah dipersiapkan dengan baik, tapi tolong cek degan baik tiket dan sebagiannya. Dan jangan bercanda tentang bom, karena kita akan berlakukan penuntutan," tegas mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu. 

Budi Karya menambahkann, bagi para pemudik jalur darat seperti kereta api, bus, bahkan kendaraan umum, baik mobil pribadi dan motor agar tetap memperhatikan keselamatan. Mengingat jarak tempuh yang dicapai dengan menggunakan beberapa kendaraan tersebut cukup jauh.

"Tips memang kita banyak sampaikan kepada yang jalur darat. Kalau yang menggunakan bus sebaiknya gunakan dengan cara online karena itu tanggung jawabnya lebih jelas," imbuhnya

"Bagi angkutan darat lainnya kalau mengendarai mobil pribadi, persiapkan dengan baik karena jalannya panjang. Anda harus siap denga segala sesuatu. Motor sebaiknya apabila lebih dari 60 kilometer, saya sarankan lebih baik tidak menggunakannya," dia menuturkan.

Terakhir Budi Karya menyarankan, waktu yang tepat untuk keberangkatan mudik Lebaran adalah pada 10 hingga 11 Juni mendatang. "Waktu mudik yang baik adalah tanggal 10 atau 11 karena preferensi ada di tanggal 8-9 dan 13-14. Dan pulangnya bukan tanggal 19-20 tapi 21-22," pungkasnya.

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Menhub: Presiden Pesan Pemudik Harus Bahagia

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sampaikan laporan persiapan angkutan mudik Lebaran.

Budi menuturkan, dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi meminta agar para pemudik bisa nyaman saat melakukan perjalanannya.

"Pesan pak Presiden agar pemudik bisa happy," kata Menteri Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti ditulis Jumat pada 1 Juni 2018. 

Kementerian Perhubungan pun menyediakan hadiah berupa motor bagi pemudik yang memanfaatkan mudik gratis lewat angkutan laut.

Hadiah diperuntukkan bagi para pemudik yang lebih memilih membawa motornya dengan kapal daripada nekat mudik naik motor. Budi menuturkan akan ada undian di atas kapal.

"Disertai dengan mendapatkan hadiah terbesar undian berupa motor. Jadi mudik gratis bersama motornya siapa tahu dapat motor lagi. Ya ini tadi supaya pemudik happy maka diadakan hal-hal yang menghibur yang bersifat suatu kegembiraan," ujar Budi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bangun Interaksi Sosial Jadi Cara Berpolitik Dedi Mulyadi
Artikel Selanjutnya
Ini Kata Jaksa Agung tentang Revisi KUHP