Sukses

8 Strategi Pemasaran Dahsyat untuk Bisnis Kecil Anda

Liputan6.com, Jakarta - Ketika tiba waktunya untuk menjalankan dan memasarkan bisnis baru, tentu akan ada banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari pembuatan logo, strategi bisnis, konten yang menarik, dan beberapa hal lain yang dibutuhkan saat berbisnis.

Jangan sampai kesan pertama sudah meninggalkan sesuatu yang buruk. Jika itu terjadi, rasanya sulit usaha tersebut bisa bertahan hingga tiga bulan pertama. Pasalnya, kesuksesan maupun kegagalan sebuah bisnis kecil itu tergantung pada rekomendasi dari mulut ke mulut. Niat baik konsumen potensial yang ingin mencoba toko, barang, atau restoran baru malah bisa hilang hanya beberapa hari setelah dibuka.

Bila Anda ingin coba memulai bisnis kecil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memasarkan bisnis agar lebih efektif seperti dirangkum dari situs smallbiz trends berikut ini:

- Buat Logo Merek

Logo yang baik sangat penting untuk memasarkan merek bisnis sekecil apa pun. Anda tidak perlu menjadi desainer profesional atau menghabiskan banyak waktu serta uang untuk membuat logo yang tampak hebat. Di zaman teknologi serba canggih ini, Anda bisa dengan cepat dan efisien membuat logo untuk merek melalui blog atau situs-situs desain di internet, pelajari dan buatlah yang unik dan berbeda.

- Kembangkan Strategi Pemasaran lewat email

Email telah menjadi rencana pokok pemasaran bisnis kecil selama bertahun-tahun. Meskipun kekuatan email masih tetap ada, desas-desus tentang matinya pemasaran lewat email terus berlanjut yang menyebabkan beberapa pengusaha baru mengabaikan alat canggih ini. Padahal jika itu tetap dilakukan Anda akan bisa lihat bagaimana proses dan hasilnya berjalan.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Buat Konten Blog yang Menarik

- Buat Konten Blog yang Menarik

Blogging adalah taktik pemasaran populer lainnya untuk usaha kecil. Jika ingin blog Anda benar-benar bisa berdampak besar, tentu harus menarik minat orang. Jika blog Anda awalnya tampak membosankan buatlah agar bisa jadi tampak menarik, cara bisa dipelajari dari para blogger yang sudah sukses sebelumya.

- Pertimbangkan Manfaat Outsourcing

Mengalihdayakan berbagai bagian dari operasi bisnis mulai dari pemasaran ke pengiriman dapat menawarkan peluang besar untuk pertumbuhannya. Salah satu manfaaat yang bisa diambil adalah hemat waktu dan tenaga Anda.

- Gunakan Video dengan Efektif untuk Penjualan

Saat tiba waktunya untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil Anda, video dapat membuktikan bisnis menjadi format yang efektif. Ketahuilah bahwa video dapat berdampak pada berbagai bagian pemasaran penjualan dan cantumkan juga kiat dari para wirausahawan dan profesional penjualan yang telah sukses dengan bisnis mereka.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Terlalu Banyak Perhatian pada Pesaing

- Jangan Terlalu Banyak Perhatian pada Pesaing

Pesaing pasti dapat berdampak pada keberhasilan bisnis Anda. Tapi itu juga bisa berubah merugi bagi bisnis baru jika Anda terlalu banyak perhatian dan membayar kepada pihak luar. Sebaiknya lakukan saja apa yang menurut Anda benar, anggap pesaing sebagai pemicu untuk bisnis menjadi lebih maju lagi

- Gunakan Iklan Facebook untuk Riset Pasar

Riset pasar adalah langkah penting untuk setiap usaha kecil yang ingin tumbuh dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Facebook dan media sosial lainnya bisa menjadi platform hebat untuk Anda melakukannya. Manfaatkan ini dan lihat hasilnya dalam waktu cepat.

- Fokus pada Dasar-Dasar SEO

Mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) dapat menjadi metode hebat lain untuk menjangkau pelanggan yang paling relevan untuk bisnis kecil Anda. Untuk membuat sebagian besar platform ini, Anda perlu fokus pada tugas yang paling penting. Lakukan serangkaian proses SEO secara sistematis agar tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs Anda bisa diperoleh.

Video Populer Bisnis

Tutup Video