Sukses

6 Kebiasaan Kecil yang Bisa Bantu Anda Atur Uang

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur atau mengelola keuangan merupakan hal yang tidak pernah mudah untuk dilakukan. Kadang-kadang, kebiasaan mengeluarkan uang meskipun kecil justru membuat kita tak bisa mencapai tujuan keuangan dengan mudah. 

Tak teliti dengan uang kembalian, menaruh uang receh sembarangan dan beberapa hal kecil lain sebenarnya bentuk dari ketidakdisiplinan saat mengelola keuangan. Tentu saja, hal tersebut akan membuat tujuan keuangan tak tercapai.

Namun sebenarnya juga ada kebiasaan kecil dan sederhana bisa membantu Anda lebih tersistem sehingga berguna dalam mengelola keuangan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa seperti menunggu atau membaca buku di sela-sela kesibukan Anda.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (14/4/2018), berikut 6 tips sederhana bagi Anda untuk mengatur keuangan:

1. Membaca Satu Halaman Buku Tiap Hari

Anda bisa mencoba membaca buku-buku tentang keuangan yang dapat menjadi referensi dalam mengelola pemasukan serta pengeluaran Anda. Namun lebih dari itu, Anda akan memperoleh kesehatan mental yang baik dengan membaca buku.

Di era dimana saat ini perhatian mudah terganggu karena gadget, buku membantu Anda untuk tetap sabar dan menyerap serta mempelajari sesuatunya dengan perlahan.

2. Tidur 30 Menit Lebih Awal

Kesehatan tubuh dan keuangan Anda juga dipengaruhi oleh apa yang Anda pikirkan. Jika Anda terbiasa tidur terlambat atau begadang, maka otak Anda juga dipastikan akan lelah.

Cobalah tidur 30 menit lebih awal untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Anda harus tetap awas dalam memutuskan sesuatu, terutama yang berkaitan dengan keuangan.

3.Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

Jangan terjebak dengan diskon yang menjadikan Anda membeli sesuatu dalam jumlah yang banyak. Namun, belilah sesuatu atau barang berdasarkan kualitas barang tersebut.

Anda bisa mendonasikan barang yang sudah tidak terpakai dan membeli barang berkualitas baik untuk Anda kenakan. Ini akan membantu keuangan untuk lebih terjaga.

2 dari 2 halaman

4. Cobalah Menunggu

Membeli sesuatu jika Anda memiliki uang memang tampak sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun begitu, adakalanya suatu harga barang dan jasa turun pada waktu tertentu.

Cobalah bijak sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu. Jangan gegabah dan terburu-buru, siapa tahu harga barang tersebut besok sudah turun.

5. Tabungan Berjangka

Cobalah terbiasa menabung atau menciptakan suatu sistem dimana Anda harus menabung otomatis di bank. Hal ini bisa dengan Anda mengikuti program tertentu yang disediakan oleh perbankan.

6. Lebih Sering Katakan Tidak

Tidak semua berkata tidak atau menolak ajakan teman adalah hal buruk. Cobalah untuk berkata tidak untuk undangan teman yang tidak sejalan dengan tujuan besar Anda.

Orang-orang di sekitar Anda memiliki peran dalam pertumbuhan dan perkembangan Anda juga, jadi pilihlah lingkungan yang baik agar memaksimalkan keuangan Anda pula.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Patut Dicoba, Tips Atur Keuangan dengan Mudah Ala Ligwina Hananto