Sukses

Selain Tarif Tol Turun, Ini Trik Jitu Lain buat Perjalanan Semakin Murah

Selain tarif tol turun, nyatanya masih ada banyak faktor lain yang akan membuat perjalanan Anda menjadi jauh lebih hemat, lo! Penasaran? Ini dia caranya

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini berhembus kabar gembira bagi Anda para pengguna rutin ruas jalan tol. Jokowi meminta agar tarif tol di Indonesia diturunkan. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan yang berasal dari para sopir, khususnya para sopir logistik perihal mahalnya tarif tol yang belaku saat ini. Atas permintaan Jokowi tersebut, Menteri Basuki akan mengkaji ulang.

Jika dapat direalisasikan, tentu hal ini akan menjadi hal yang sangat melegakan khususnya bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh dan harus berkali-kali keluar-masuk tol. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih hemat dalam perjalanan.

Tapi jangan senang dulu, karena nyatanya masih ada banyak faktor lain yang akan membuat perjalanan Anda menjadi jauh lebih hemat, lo! Penasaran? Ini dia caranya, seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Periksa kondisi mobil

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memeriksa selalu kesehatan kondisi mobil. Selain untuk faktor keselamatan, hal ini juga akan berdampak pada keuangan Anda selama perjalanan, jika ternyata kendaraan Anda mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan, ditambah jika harus menggunakan jasa mobil derek untuk mengantarkan Anda ke bengkel.

Belum lagi, ada saja oknum di bengkel tak resmi yang menaikan tarif perbaikan saat kondisi terdesak yang mengharuskan Anda mau tidak mau untuk melakukan perbaikan. Jadi, janganlah malas untuk melakukan pengecekan kendaraan Anda terlebih dahulu, ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pilih waktu yang tepat

Dalam melakukan perjalanan, hindari beberapa waktu yang mengakibatkan Anda menemui kemacetan panjang, seperti jam pergi atau pulang kerja, ataupun perayaan hari libur nasional karena meningkatnya wisatawan yang mengakibakan kepadatan di jalan.

Jika sampai menemui kemacetan, Anda akan mengalami kerugian seperti borosnya bahan bakar, waktu, tenaga, dan juga uang tak terduga misalnya yang seharusnya makan hanya sekali, jadi dua atau tiga kali karena mengalami kemacetan panjang.

3. Menekan Biaya Makan

Dalam berlibur biasanya pengeluaran terbesar yang Anda keluarkan selain penginapan adalah biaya untuk makan, terlebih jika Anda menemukan makanan-makanan khas daerah tertentu yang jarang Anda temui, tentu akan membuat Anda penasaran untuk mencobanya.

Maka dari itu, tentukanlah terlebih dahulu biaya khusus untuk makan. Dan disiplinkan diri agar tidak melebihi biaya yang sudah Anda perhitungkan sebelumnya. Ada baiknya juga bagi Anda, untuk lebih bijak dalam menentukan makanan apa yang bisa bertahan lama hingga beberapa jam namun tetap Anda sukai.

3 dari 3 halaman

4. Buatlah rencana biaya

Ini adalah tahap yang paling penting, perhitungkanlah terlebih dahulu segala pengeluaran yang Anda harus keluarkan selama melakukan pengeluaran, seperti biaya untuk bahan bakar, biaya untuk makan, biaya makan ringan, biaya penginapan, biaya tol, dan lain-lain. Setelah itu disiplinkan diri Anda agar pengeluarannya tidak melebihi apa yang sudah Anda rencanakan.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghemat pengeluaran selama melakukan perjalanan jauh. Tetaplah menjadi bijak dalam hal keuangan. Semoga bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Keuangan Lainnya dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik Laruno.id 

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini