Sukses

Baru Pindah Kerja? Ini 5 Cara Cepat Adaptasi di Tempat Baru

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai perasaan pasti menghampiri bagi Anda yang baru pindah pekerjaan. Rasa cemas, ragu dan takut bukan tak mungkin muncul di perasaan saat Anda melangkah ke tempat kerja yang baru.

Apapun yang Anda rasakan ketika bekerja di hari pertama, pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hindari untuk melakukan kesalahan yang tidak perlu, terutama terkait dengan pekerjaan.

Berikut 5 hal yang bisa dilakukan agar bisa cepat beradaptasi di tempat yang baru dilansir dari Inc.com, Jumat (23/3/2018):

1. Menjadi pribadi yang menyenangkan

Sebelum bekerja di sebuah perusahaan, Anda akan dipersilahkan memperkenalkan diri kepada rekan kerja yang ada di ruangan yang sama. Selama masa pengenalan, Anda juga akan mendapat bimbingan penuh mengenai regulasi dan sistem kerja dari perusahaan.

Gunakan sesi ini untuk mendalami budaya yang ada di perusahaan. Usahakan agar Anda selalu fokus pada masa pengenalan agar lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

2. Jangan sombong

“Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga.” Artinya, meskipun Anda pintar dan lihai dalam mengerjakan segala sesuatu, jangan pernah sombong.

Orang sombong sulit diajak untuk bekerja sama karena menganggap dirinya lebih dari siapa pun. Jauhi sifat ini agar Anda mudah diterima di tempat kerja yang baru.

 

1 dari 2 halaman

3. Tetap tunjukan kualitas diri

Tetap tunjukan Kualitas Diri Anda di tempat kerja yang baru. Jangan jadi seseorang yang biasa-biasa saja.

Jadilah sosok yang istimewa dan memiliki sejumlah kualitas tertentu yang menjadi jati diri Anda di tempat kerja tersebut.

4. Jauhkan sifat dan sikap yang negatif selama bekerja

Banyak hal yang bersangkutan dengan hal tersebut, salah satu contoh kecil adalah kebiasaan menggosip atau membicarakan keburukan orang lain. Jika hal tersebut Anda miliki selama ini, sebaiknya segera singkirkan agar kamu bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja.

5. Rasa Ingin Tahu

Dengan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, karyawan baru dapat belajar tentang banyak hal yang tidak diajarkan di tempat sebelumnya.

Rasa ingin tahu ini pun yang bisa membuat Anda lebih terlihat kinerjanya.

Artikel Selanjutnya
Kerja 8 Jam per Hari Sudah Kuno dan Tak Efektif, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Lagi Sering Lembur? Jangan Khawatir, Simak Tips Ini biar Tetap Fokus