Sukses

Terungkap, Ini Usia dengan Pengeluaran Terbanyak dalam Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang harus bekerja agar bisa memenuhi segala kebutuhannya dalam hidup. Semakin bertambahnya usia, jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi pun semakin banyak.

Survei yang dilakukan oleh perusahaan kredit ClearScore mengungkap, ada usia tertentu dimana seseorang akan mengeluarkan uang dalam jumlah terbanyak sepanjang hidup. Ternyata, usia itu adalah 31 tahun.

Menurut survei tersebut, usia 31 merupakan usia rata-rata di mana orang akan menapaki jenjang yang lebih tinggi dalam hidup. Misalnya, banyak dari mereka yang memilih menikah, baru punya anak atau harus menabung untuk membeli rumah.

Rata-rata, menurut laporan itu, saat menginjak usia 31 tahun seseorang harus menabung sebanyak US$ 60 ribu atau Rp 857 juta demi bisa mencukupi semua kebutuhannya. Uang itu nantinya bisa digunakan sebagai biaya menikah, punya anak atau membeli rumah.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

1 dari 2 halaman

Biaya menikah

Clearscore menjelaskan, pengeluaran terbesar pada usia tersebut adalah untuk menikah yakni sebanyak 27 persen. Disusul dengan membeli rumah dengan presentase 25 persen. Posisi ketiga adalah memiliki anak yang bakal memakan 20 persen pengeluaran.

"Sekitar 60 persen responden yang kami survei mengatakan bahwa mereka memanfaatkan uang tabungan untuk membayar kebutuhan tersebut. Sementara 33 persen mengandalkan bantuan finansial dari orang tua untuk menolong mereka," tulis ClearScore seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (8/3/2018).

Sementara itu, ketakutan finansial terbesar yang dilanda orang berusia 30 tahun adalah tidak cukup memiliki dana untuk pensiun. Ada sebagian dari responden yang disurvei juga takut tidak memiliki stabilitas finansial yang cukup untuk menopang kehidupan anak mereka nantinya.