Sukses

Doyan Belanja? Sebelum Berburu, Wajib Lakukan 4 Hal Ini Dulu

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa diayal lagi, jika wanita memang umumnya sangat suka sekali belanja. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa belanja merupakan alternatif untuk melakukan hiburan sendiri. Terlebih lagi, jika salah satu pusat perbelanjaan mengadakan diskon tertentu.

Tidak sedikit dari wanita yang selalu kalap saat sedang berbelanja. Terkadang hanya sekadar lapar mata dan membeli sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan mereka.

Belanja memang menjadi salah satu kebutuhan, tapi bukan berarti menjadi alasan untuk bisa boros. Maka dari itu, jadilah konsumen yang cerdas, dan berbelanjalah dengan pintar.

Jadi, bagaimana ya untuk bisa berbelanja dengan cerdas? Yuk simak tipsnya di sini seperti yang dikutip dari Laruno.com:

1. Konsisten, Teliti, dan Cermat

Pastikan dulu untuk membuat daftar belanjaan Anda, sebelum Anda memutuskan untuk pergi berbelanja. Hal ini penting agar membatasi Anda dalam berbelanja yang berkesan boros. Datalah apa yang menjadi kebutuhan Anda untuk berbelanja.

Selain itu, Anda juga harus cermat soal harga yang ditawarkan, bandingkan dengan harga barang yang ingin Anda beli. Jadi, jangan segan ya untuk melakukan perbandingan produk dari satu supermaket dengan supermarket lainnya untuk mendapatkan harga termurah.

 

2 dari 3 halaman

2. Evaluasi Pemilihan Belanja

Meskipun Anda sudah mendapatkan suatu barang tertentu saat belanja, Anda perlu juga untuk mengevaluasi barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah barang tersebut memang dibutuhkan? Jika tidak, sebaiknya jangan. Daripada Anda hanya membuang-buang waktu dan uang saja.

3. Manfaatkan Voucher dan Diskon

Belanja bisa jadi lebih hemat ketika mendapat diskon atau dengan voucher. Namun untuk diskon, Anda perlu teliti, apakah memang diskon yang diberikan benar-benar mendapatkan potongan harga atau tidak. Karena ada juga toko yang menaikkan harganya terlebih dahulu sebelum memberikan diskon. Sedangkan voucher, biasanya bisa didapat melalui promosi tertentu.

 

3 dari 3 halaman

4. Pilihlah yang Multifungsi

Ilustrasi baju multifungsi (Foto: Youtube)

Jika Anda termasuk penggila belanja, sebaiknya memilih barang yang multifungsi. Misalnya, membeli busana di salah satu butik ternama. Belilah busana yang bisa dikenakan di kala musim hujan maupun musim panas, sehingga busana tersebut bisa Anda gunakan kapan saja.

Sama halnya dengan membeli aksesori. Pilihlah yang bisa dikenakan saat acara formal maupun non formal. Dengan begitu Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang-barang yang harus disesuaikan kapan Anda bisa memakainya.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karier Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan Klik tdwuniversity.com

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kamu Jomblo Makmur atau Enggak, Simak Ciri-cirinya
Artikel Selanjutnya
Uang Pas-pasan Bisa Liburan ke Singapura, Begini Caranya