Sukses

Wajib Coba! Cara Rayakan Tahun Baru 2018 dengan Murah

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2018 sudah sangat dekat, sudah di depan mata. Tentu rasanya tidak akan pas jika tidak merayakan tahun baru dengan momen indah bukan?

Namun, kebanyakan orang beranggapan jika mau membuat momen indah harus merogoh kocek dalam. Padahal, hal ini tak sepenuhnya benar. Momen indah bisa kita ciptakan sendiri kok, bahkan dengan sedikit uang sekalipun.

Cukup dengan modal sedikit, ditambah dengan sedikit perencanaan dan kreativitas, Anda akan mengagumkan orang terkasih yang berkunjung ke rumah Anda.

Penasaran bagaimana caranya? Melansir laman moneytalksnews.com, Sabtu (30/12/2017), berikut cara merayakan tahun baru dengan murah:

1. Menjadi Tuan Rumah

Tidak perlu keluar dan menyewakan ruang untuk pesta Anda. Menerima tamu di rumah atau apartemen Anda tentu akan jauh lebih murah, dan bahkan juga lebih nyaman untuk semua orang.

2. Tetap Nyaman

Jika Anda menjadi tuan rumah pesta, Anda mungkin tidak bisa mengundang semua teman Anda. Tapi ini tidaklah apa-apa.

Batasi daftar undangan ke beberapa teman dekat. Memiliki partai yang lebih kecil berarti menghabiskan lebih sedikit uang. Lebih penting lagi, ini memberi Anda kesempatan untuk benar-benar menikmati pesta dan terhubung dengan semua tamu.

1 dari 5 halaman

Bawa Makanan Sendiri

3. Minta Setiap Tamu untuk Membawa Minuman dan Makanan Favoritnya

Memesan makanan banyak dengan berbagai variasi tentu dapat membuang uang yang cukup banyak. Oleh karenanya, Anda bisa meminta setiap tamu membawa makanan atau minumannya sehingga dapat memangkas pengeluaran Anda.

Selain itu, bukankah seru Anda dapat mencoba makanan atau minuman baru untuk dicoba?

4. Terima Tawaran Tamu untuk Membantu Anda

Bahkan setelah Anda menyarankan agar para tamu membawa makanan atau minuman favoritnya, beberapa pasti akan bertanya apakah ada hal lain yang bisa mereka bawa. Jawaban Anda untuk pertanyaan ini harus sederhana: "Ya!".

Miliki daftar barang yang sekiranya memang dibutuhkan, dan beritahu perkiraan harganya. Lalu, biarkan para tamu memutuskan mana yang harus dibawa.

2 dari 5 halaman

Bandingkan

5. Bandingkan Kelebihan dan Kekurangan Kertas vs Plastik

Piring dan cangkir kertas mungkin dapat mudah dibersihkan, namun Anda harus ingat bahwa harganya tentu jauh lebih mahal daripada menggunakan piring di lemari Anda. Lihatlah anggaran Anda dan putuskan pilihan mana yang paling masuk akal untuk pesta Anda.

Jika Anda tidak memiliki cukup alat makan yang sesuai, jangan biarkan hal itu membuat Anda khawatir. Piring mix and match, mangkuk dan gelas bisa terlihat trendy dan meriah.

6. Gunakan Hiasan Lama

Rumah Anda kemungkinan didekorasi untuk Desember, bukan? Lampu dan dekorasi yang meriah tersebut dapat membuat latar belakang yang menarik untuk Pesta Malam Tahun Baru juga.

Oleh karenanya, pertimbangkan untuk menyimpan beberapa lampu atau hiasan lainnya sampai hari pertama tahun baru.

3 dari 5 halaman

Siapkan Uang Tunai

7. Jangan Lupa Menyiapkan Uang Tunai

Jika Anda pergi berbelanja, jangan lupa bawa beberapa uang tunai. Ini dapat memudahkan Anda untuk bertransaksi dan tidak dapat menggoda Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Dengan begini tentu akan menghemat pengeluaran Anda bukan?

8. Jangan Makan Besar

Saat merayakan Pesta Tahun Baru, ada baiknya untuk melewatkan makan besar. Kemungkinan besar, tamu Anda mungkin akan makan malam dahulu sebelum tiba di tempat Anda.

Daripada membuat makanan berlebih yang ujung-ujungnya akan dibuang percuma, ada baiknya Anda membuat makanan ringan saja dan beberapa makanan pencuci mulut sederhana.

4 dari 5 halaman

Stan Foto Buatan Sendiri

9. Buatlah Stan Foto Buatan Sendiri

Apa hal yang tidak bisa dipisahkan saat merayakan Pesta Tahun Baru? Tentu jawabannya adalah foto-foto. Untuk dapat menghindari pengeluaran yang membengkak, ada baiknya Anda membuat sebuah stan foto sendiri.

Anda dapat menggantungkan beberapa kertas warna cantik untuk latar belakang, sekotak alat peraga untuk teman-teman Anda digunakan, dan lain-lain. Dengan kreatifitas yang Anda miliki, tentu akan membuat teman-teman salut kepada Anda.

10. Miliki Rencana Saat Jam Tengah Malam

Akhirnya, puncak acara adalah saat jam tengah malam. Cari tahu sebelumnya bagaimana Anda ingin menandai momen itu. Anda ingin menghidupkan TV atau Anda memimpin hitung mundur sendiri.

 

Artikel Selanjutnya
Hari Buku Sedunia, Sudahkah Kamu Membaca Buku Hari Ini?
Artikel Selanjutnya
Top 3 Lifestyle: Trik Bebas Utang di Tanggal Tua