Sukses

Disambut Tarian Papua, Jokowi Resmikan PLTMG Nabire dan Jayapura

Presiden Jokowi mengatakan adanya PLTMG ini bisa memberikan kebutuhan dasar listrik bagi masyarakat Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire dan PLTMG Jayapura pada Rabu sore ini.

Turut hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Presiden hadir pada pukul 16.10 WIT bersama dengan Ibu Iriana Jokowi. Tarian khas Papua menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan adanya PLTMG ini bisa memberikan kebutuhan dasar listrik bagi masyarakat Papua. Selain itu, PLTMG di Nabire dan Jayapura pun akan mampu meningkatkan iklim investasi di Bumi Cenderawasih.

"Adanya PLTMG ini akan bisa meningkatkan investasi. Ada yang mau bangun hotel, kalo tidak ada listrik tidak akan ada yang mau bangun. Listrik ini jadi kebutuhan dasar," kata Jokowi di Nabire, Papua, Rabu (21/12/2017).

Peresmian dilakukan dengan penekanan tombol dan penandatanganan dua buah prasasti. Selain acara peresmian, Presiden juga membagi-bagikan sembako kepada penduduk Papua lewat program PLN Peduli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapasitas PLTMG

PLTMG Nabire memiliki kapasitas sebesar 20 MW. Pembangunan pembangkit ini menyerap tenaga kerja 479 orang.

PLTMG Nabire didesain dapat beroperasi dengan dua jenis bahan bakar, yakni HSD dan gas. Penghematan setelah beroperasinya PLTMG Nabire sekitar Rp 93 juta per hari dengan menggunakan bahan bakar HSD. Apabila menggunakan bahan bakar gas, penghematannya mencapai 158 juta per hari.

Sementara itu, PLTMG Jayapura memiliki kapasitas 50 MW. Pembangkit yang terletak di Desa Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 538 orang.

Penghematan yang bisa didapat setelah beroperasinya PLTMG MPP Jayapura sekitar Rp 220 juta per hari dengan bahan bakar HSD dan dapat mencapai sekitar Rp 383 juta per hari bila menggunakan bahan bakar gas.

Turut hadir dalam acara peresmian PLTMG Nabire dan PLTMG Jayapura adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Bupati Nabire Isias Dow, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, dan Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.