Sukses

Mau Hidup Mapan di Usia 30-an? Ini Lho Tips Suksesnya

Umur 30 tahun merupakan sebuah fase seseorang sudah dewasa. Selain sudah memiliki penghasilan dan kehidupan sendiri, Anda sudah cukup mapan.

Liputan6.com, Jakarta - Umur 30 tahun merupakan sebuah fase seseorang sudah dewasa. Selain sudah memiliki penghasilan dan kehidupan sendiri, Anda sudah cukup mapan untuk berkeluarga.

Buat Anda yang belum berumah tangga, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan hal yang lebih kompleks.

Tentunya, Anda harus mulai memikirkan apa tujuan hidupmu di saat mencapai umur 30 tahun. Anda mau hidup mapan di usia 30-an? Simak tips suksesnya seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Buat prioritas pengeluaran

Inilah hal pertama dan tersulit yang harus Anda lakukan pertama kali. Apakah Anda sadar, seberapa banyak uang yang telah Anda habiskan untuk keperluan yang tak penting?

Mungkin ini saatnya untuk mulai merenungkan gaya hidup yang sedang Anda jalani. Kemudian buatlah daftar belanja prioritas pengeluaranmu sesuai kebutuhan.

Hitung setiap kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan pendapatan Anda. Jangan pernah membeli barang semata-mata hanya hasrat pribadi yang belum tentu Anda butuhkan.

2. Mulai mengatur jenjang karir berikutnya

Di saat umur Anda beranjak 30 tahun, Anda akan mulai menghadapi perubahan besar. Anda akan menikah dan memiliki keturunan yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Anda harus mengerti seberapa jauh dapat berkembang dalam pekerjaan Anda saat ini. Apakah akan ada jenjang karier yang menjanjikan atau tidak. Meskipun tidak ada, Anda harus bisa meningkatkan kualitas diri. Misalnya dengan terus menambah keahlian yang dibutuhkan demi kemajuan karier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Siapkan dana darurat dengan baik

Dana ini akan sangat berharga ketika terjadi hal-hal tidak terduga. Setiap orang pasti memiliki dana darurat yang berbeda-beda. Besarnya jumlah tergantung pada jumlah pengeluaran bulanan seseorang dan kondisi keuangan kita.

Idealnya dana darurat itu terbagi dalam tiga macam, yakni:

- 3 kali pengeluaran bulanan untuk seseorang yang masih lajang

- 6 kali pengeluaran bulanan untuk pasangan muda (tanpa anak).

- 12 kali pengeluaran bulanan untuk keluarga yang sudah memiliki anak.

Selama sudah bertekad, Anda akan mampu mempunyai dana darurat meskipun harus mencicil sedikit demi sedikit.

Dengan manfaat-manfaat di atas. Tunggu apalagi? Segera terapkan pola sederhana untuk keuangan yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda Di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini