Sukses

Pengusaha Minta Pemerintah Berantas Calo di Sektor Hilir Gas

Sejumlah kalangan industri masih mengeluhkan tingginya harga gas.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai kalangan industri masih mengeluhkan tingginya harga gas. Tingginya harga gas ini tidak terlepas dari banyaknya trader yang terlibat dalam penjualan gas ini.

Oleh karena itu, saat ini dukungan terhadap pemberantasan praktik calo di sektor niaga hilir gas bumi semakin bergulir.

"Saya sudah laporkan masalah ini (trader gas) ke Ombudsan. Harapan asosiasi, Keputusan Presiden (soal harga gas) harus dilaksanakan. Jadi, tolong pemburu rente itu dihilangkan karena semakin banyak dan menekan kami," ujar Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi Achmad Safiun dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10/2017).

Seperti diketahui, dalam rangka menekan tingginya harga jual gas di sektor industri pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perindustrian telah menyusun beleid teranyar menyoal aturan main baru di sektor niaga hilir gas bumi.

Dalam aturan ini, merupakan kelanjutan dari esensi Peraturan Menteri ESDM Nomor 6 Tahun 2017 yang menargetkan batas akhir pemberian alokasi gas bagi calo gas pada Februari 2018.

Namun sayangnya, beleid yang bertujuan memberantas praktik calo itu masih tertahan di meja Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman yang menjadi nomenklatur dari Kementerian ESDM.Berangkat dari hal tadi, Safiun pun meminta pemerintah segera menerbitkan aturan tersebut.

"Kemarin Pak Jonan bilang ke saya, sudah dikeluarkan Permen ESDM tapi sekarang berada di Kemenko Maritim. Waktu saya telepon orang maritim jawabnya belum karena masih dicek, jadi masih ditahan di sana. Dalam waktu dekat kita mau ketemu Presiden dan kasih tahu Presiden kalau macetnya di mana," ujar dia.

Saat ini, terdapat banyak trader gas yang memiliki kontrak jual beli dengan pelaku industri yaitu pasokannya, diperoleh dari kuota gas yang dimiliki PT Pertamina Gas (Pertagas).

Seperti diketahui sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perindustrian Happy Bone mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan sejumlah Kementerian mengenai aturan tadi. Ini dimaksudkan agar upaya pemberantasan praktik calo gas yang digalakkan pemerintah dapat membantu pelaku industri dalam menekan tingginya harga gas bumi.

"Jangan sampai banyak spekulan gas yang bisa berbuat seenaknya. Pemerintah akan care dengan kondisi ini karena kalau tidak, kita tidak akan bisa membantu pelaku industri," ujar Happy. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • harga gas