Sukses

5 Barang Bekas Hitler Ini Laku dengan Harga Fantastis

Liputan6.com, Jakarta Nama Adolf Hitler terkenal sebagai pemimpin partai Nazi. Selama berkuasa di Jerman, ia disebut sebagai pemimpin terkejam lantaran melakukan pembantaian terhadap jutaan jiwa. Ia juga menjadi sosok yang paling penting dalam perang dunia kedua.

Meski sudah meninggal dunia puluhan tahun lalu, barang peninggalan diktator kejam satu ini ternyata masih banyak diminati para kolektor. Terbukti, banyak dari mereka yang rela membayar biaya miliaran demi bisa memiliki barang-barang bekas milik Adolf Hitler.

Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari The Sun, Associated Press, dan Sputnik, Sabtu (30/9/2017)

1. Buku telepon

Harga: US$ 44 ribu atau setara Rp 500 juta

Sebuah buku telepon yang diduga milik pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler terjual seharga USD 44 ribu, atau hampir setengah miliar Rupiah. Foto/Sputnik

Sebuah buku telepon yang diduga milik pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler terjual dalam sebuah lelang di di London, Inggris. Buku yang dilapisi kulit itu berisi lebih dari 200 nama tulisan tangan, alamat dan nomor telepon pejabat tinggi Nazi.

Beberapa nama yang ada di sana antara lain Heinrich Himmler, Joseph Goebbels, Rudolph Hess, Hermann Goering, Joachim Von Ribbentrop, Reinhard Heydrich, Albert Speer dan Albert Bormann.

2. Celana dalam

Harga: US$ 6700 atau Rp 90,5 juta

Pakaian dalam milik Adolf Hitler juga menjadi barang yang diperebutkan oleh kolektor. Pemilik Alexander Historical Auctions di Cheseapeake City, Maryland, Bill Panagopoulus adalah sosok dibalik dijualnya barang langka satu ini.

Pria berusia 58 tahun itu mengatakan bahwa celana putih tersebut memiliki garis pinggang yang longgar sekitar 99 sentimeter, dengan inisial A.H. Celana itu tertinggal di Parkhotel Graz di Austria setelah Hitler menginap di sana pada bulan April 1938.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Lukisan

Harga: US$ 143 ribu atau Rp 1,9 miliar

Kumpulan 13 lukisan yang dilukis oleh Adolf Hitler muda pada rentang tahun 1908 hingga 1914 pernah terjual dengan harga yang sangat tinggi pada suatu lelang yang diadakan tahun 2009. Lukisan ini sangat spesial karena dibuat dan ditandatangani langsung oleh Hitler.

4. Telepon pribadi

Harga: US$ 300 ribu atau Rp 3,9 miliar

Telepon Adolf HItler yang akan dilelang di AS pekan ini. (AP)

Sebuah telepon yang digunakan oleh diktator era Nazi, Adolf Hitler selama Perang Dunia Kedua dilelang oleh rumah lelang Alexander Historical Auctions.

Associated Press melaporkan, rumah lelang resmi, Bill Panagopulos mengatakan telepon itu adalah "senjata pemusnah massal", karena digunakan oleh Hitler untuk memberikan perintah yang menelan banyak nyawa selama perang.

5. Botol sampanye

Harga: US$ 2.271 atau Rp 30 juta

foto: mirror.co.uk

Barang bekas hitler lain yang berharga fantastis adalah sebuah botol sampanye tua. Botol sampanye bermerek Moet dan Chandon yang dirilis pada tahun 1937 ini diyakini diperoleh dari loteng khusus tempat Hitler menyimpan koleksi minuman anggurnya di kediamannya di Munchen.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer