Sukses

Dua Bandara Ini Jadi Lokasi Parkir Pesawat Delegasi IMF-World

Indonesia siap menjadi tuan rumah Annual Meetings International Monetary Fund - World Bank Group 2018 (IMF-WB 2018).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan beberapa skenario dalam menyambut event meeting IMF-World Bank yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menjelaskan, salah satu skenario yang disiapkan terkait kedatangan dan parkir pesawat pribadi yang dibawa para delegasi dari penjuru dunia.

Agus mengungkapkan mengingat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu yang memiliki pergerakan cukup padat, maka sebisa mungkin pemerintah akan meminimalisir adanya penundaan penerbangan (delay). Caranya dengan menyiapkan beberapa lokasi bagi penerbangan para delegasi.

"Event IMF-World Bank untuk menjaga kelancaran penerbangan, kami siapkan parkir pesawat delegasi itu tidak di Denpasar, tapi di Surabaya dan Lombok," kata Agus seperti ditulis Minggu (11/9/2017).

Ditambahkannya, bandara I Gusti Ngurah Rai saat ini hanya memiliki satu runway. Dengan infrastruktur yang dimiliki, maka kapasitas pergerakan pesawat per jam hanya 30 pergerakan.

"Bandara di Denpasar ini melalui Angkasa Pura 1 juga akan dilakukan perluasan apron, jadi kapasitas akan bertambah dan mengurangi kepadatan," tegas Agus.

Tonton video pilihan berikut ini:




* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Jadi Tuan Rumah

Seperti diketahui, Indonesia siap menjadi tuan rumah Annual Meetings International Monetary Fund - World Bank Group 2018 (IMF-WB 2018).

Hal ini merupakan kesimpulan dari pelaksanaan High Level Meeting bersama dengan Meetings Team Secretariat (MTS) International Monetary Fund - World BankGroup atau AM 2018 yang telah dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2017 di Nusa Dua, Bali.

Untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan AM 2018, Panitia Nasional (PanNas) mengadakan rapat secara rutin untuk memastikan seluruh persiapan berjalan sesuai dengan rencana serta memenuhi tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

PanNas yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, pada High Level Meeting kali ini membahas kesiapan infrastruktur serta persiapan sarana dan prasarana pendukung dari berbagai sektor di lokasi acara.

Seluruh kementerian/lembaga (K/L) terkait hadir untuk berkoordinasi dan mendukung pelaksanaan AM 2018 sesuai tugas dan fungsi masing-masing, sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 11/2017.

"Dalam kesempatan ini, PanNas meluncurkan situs resmi www.am2018bali.go.id yang akan memuat informasi terkini terkait penyelenggaraan AM 2018. Hasil rapat terkait situs resmi AM 2018 bersama MTS menyatakan bahwa situs AM 2018 telah mencapai standar Annual Meetings IMF-WBG dan telah layak diakses oleh publik,” jelas Luhut Binsar Panjaitan.

Sejak saat ini hingga pertengahan tahun 2018, Luhut menuturkan, perkembangan situs akan memberikan informasi terkait rangkaian kegiatan menuju penyelenggaran AM 2018. Informasi detail juga tersedia melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube untuk dapat menyentuh berbagai kalangan baik lokal maupun internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.