Sukses

4 Cara Agar Uang Anda Lebih Produktif

Mengapa uang perlu kita dorong supaya lebih produktif? Tidak lain adalah karena ada hantu inflasi yang bisa menjatuhkan nilai uang.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki penghasilan dengan jumlah lumayan adalah hal yang perlu disyukuri. Namun, memiliki penghasilan lumayan tanpa memikirkan bagaimana supaya penghasilan tersebut dapat lebih produktif, hanya akan membuat nilai aset Anda stagnan.

Mengapa uang perlu kita dorong supaya lebih produktif? Tidak lain adalah karena ada  hantu inflasi yang bisa menjatuhkan nilai uang Anda dengan cepat tanpa terasa.

Penurunan nilai uang akan membuat gaji Anda yang tampak besar saat ini menjadi kecil hanya dalam beberapa tahun saja. Faktanya, laju inflasi biasanya jauh lebih cepat dibandingkan tingkat kenaikan gaji atau penghasilan.

Nah, Anda bisa menimbang untuk melakukan 4 langkah ini agar penghasilan yang Anda miliki saat ini bisa lebih produktif, sebagaimana disarikan Halomoney.co.id dari berbagai sumber:

Berinvestasi

Cara mudah mengalahkan inflasi adalah dengan menempatkan uang yang kita miliki dalam sebuah produk investasi dengan imbal hasil di atas inflasi.

Katakan saat ini inflasi rata-rata 5 persen-10 persen per tahun, maka Anda perlu memulai investasi di sebuah produk yang cocok dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda dengan imbal hasil rata-rata di atas 10 persen per tahun.

Mulai merintis usaha

Merintis usaha bisa menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan produktivitas uang. Putar uang yang Anda miliki dalam sebuah bisnis yang prospektif, Anda akan dapat lebih mudah mengalahkan laju inflasi dengan mencetak keuntungan.

Sebuah  bisnis bermodal di bawah Rp 10 juta seperti bisnis katering, bisnis online perlengkapan pakaian, bisa mengantar Anda mencetak untung minimal 20 persen-30 persen.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menyicil properti

Banyak orang akan sepakat, investasi dalam properti sangatlah menjanjikan dalam jangka panjang. Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari bank seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk memulai membangun aset dalam properti. Anggaplah cicilan yang Anda bayarkan itu sebagai nilai tabungan.

Anda bisa memanfaatkan dana yang Anda miliki saat ini sebagai uang muka. Manfaatkan juga aturan uang muka pembelian properti saat ini yang tergolong murah.

Baca: Cara Mudah Merdeka Finansial Meski Gaji Masih Rp 3 juta hingga Rp 5 Juta

Sekolah lagi

Jangan biarkan uang Anda menganggur tanpa tujuan. Manfaatkan sebagian untuk membiayai investasi Anda dalam mengembangkan kemampuan atau keahlian.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mengikuti kursus yang mendukung kemampuan teknis profesional Anda, bisa membuat uang Anda lebih produktif dan bermanfaat dalam jangka panjang.

Memiliki kemampuan teknis yang lebih mumpuni akan membantu Anda mendapatkan penghasilan lebih besar dari sebelumnya. Berani mencoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.