Sukses

8 Kiat Memulai dan Membangun Toko Online

Anda mau ikut mencicipi peluang bisnis online dengan memiliki toko online? Jangan khawatir, peluangnya masih terbentang luas.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak sekali ragam bisnis toko online Indonesia. Pertumbuhan online shop rasanya sulit dibendung lagi, mengurangi pamor bisnis tradisional. Anda mau ikut mencicipi peluang bisnis online dengan memiliki toko online? Jangan khawatir, peluangnya masih terbentang luas.

Perlu diingat, setelah Anda memiliki toko online, tidak berarti Anda langsung bisa moncer dan meraup omzet usaha miliaran rupiah. Agar toko online yang Anda didirikan bisa bertahan dan meraih sukses, Anda perlu merencanakan dengan baik kelebihan dan keunggulan toko online yang akan Anda bangun.

Selain itu, Anda mesti mengetahui cara meningkatkan penjualan atau omzet toko online Anda, sehingga toko online-mu benar-benar bisa mendatangkan keuntungan buat Anda.

Jika kamu ingin memiliki toko online, coba kiat dari Halomoney.co.id berikut ini:

1. Kenali Konsumen

Sebelum Anda mendirikan toko online, Anda harus bisa mengenali konsumen yang akan menjadi target market Anda. Mengenali konsumen sasaran ini sangat penting bagi kelangsungan toko online Anda. Apakah akan menyasar konsumen anak-anak, anak-anak millenial atau kelompok konsumen dewasa.

Dengan sasaran ini, Anda bisa menyuguhkan promosi atau desain dan user experience yang sesuai dengan segmen pasar toko online Anda. Dengan memahami hal ini, tentu saja kita akan mampu meraih perhatian dan loyalitas pelanggan.

2. Pilih Produk yang Tren

Selain konsumen, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah menetapkan jenis barang akan ditawarkan di toko online. Sebaiknya Anda selalu menyediakan produk yang sedang menjadi tren di pasar yang kamu tuju.

Contohnya, jika memiliki toko online mainan anak-anak, setiap bulan Anda harus melihat mainan yang sedang menjadi tren dan memasukkannya ke toko online.

Belakangan, misalnya, sedang tren mainan spinner untuk anak-anak, maka di bulan Juli ini kamu segera berjualan mainan tersebut. Jangan lupa, Anda harus memanfaatkan tren ini untuk meningkatkan omzet usaha toko online .

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membandingkan Harga



3. Membandingkan Harga

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh toko online, terutama toko-toko online yang baru launching adalah membandingkan harga. Pada akhirnya, harga akan menjadi faktor utama yang akan menentukan tingkat penjualan toko online Anda.

Jadi akan lebih bijaksana kalau sebelum menentukan harga sebuah produk, Anda perlu tahu dulu berapa harga pasaran produk tersebut di luar sana.

Hal ini terlihat sepele dan mendasar. Namun banyak sekali kasus di mana para pengelola toko online melupakannya. Jadi, jangan malas membandingkan harga toko online lain agar toko online Anda tetap bisa bersaing.

4. Customer experience

Kenali prime time, waktu di mana orang akan mencari barang yang kita miliki. Oleh karena itu, pengenalan konsumen dan pemilihan jenis produk harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan penjualan toko online.

Selain itu, perhatikan kemudahan dan layanan bagi konsumen dalam membeli barang-barang di toko online Anda. Jangan sampai proses pembelian berjalan lambat sehingga konsumen meninggalkan toko online Anda.

3 dari 4 halaman

Promo



5. Promosi dan Iklan

Hal ini merupakan salah satu hal yang paling mendasar yang harus dilakukan semua bisnis. Maka dari itu, kita harus punya budget untuk promo dan iklan.

Usahakan melakukan branding sebaik mungkin meskipun toko kita kecil karena hal ini nantinya akan sangat berpengaruh apalagi kalau sampai toko kita berkembang pesat.

6. Sistem Pembayaran

Jangan lupa untuk membuat sebuah sistem pembayaran yang saling menguntungkan. Selain Anda yang diuntungkan, para konsumen juga harus merasa aman dan nyaman saat bertransaksi di online shop Anda. Jika memuaskan, para konsumen nantinya akan kembali lagi di toko online kita.

Jika memang tidak mampu melakukan itu, ada banyak jasa pembayaran online yang bisa kita gunakan. Kamu bisa menggunakan pembayaran melalui online banking maupun via ATM ke rekening pribadi atau rekening perusahaan. Setelah pembayaran dilakukan, segera lakukan konfirmasi ke konsumen agar konsumen merasa nyaman.

Baca juga: Pinjaman Tanpa Jaminan Terbaik 2017

4 dari 4 halaman

Testimoni



7. Berikan Testimoni

Testimoni ini merupakan hal yang bisa meningkatkan angka penjualan produk di toko online. Usahakan untuk meminta testimoni dari konsumen yang puas dengan palayanan toko online Anda sehingga testimoni ini bisa meyakinkan konsumen lain untuk percaya pada toko online Anda. Pada akhirnya kepercayaan konsumen adalah salah satu kunci utama kesuksesan sebuah toko online.

8. Memanfaatkan e-commerce marketplace

Meski Anda telah memiliki toko online sendiri, sebaiknya tetap memanfaatkan situs-situs marketplace untuk berjualan produk-produk atau jasa yang Anda jual. Contohnya situs marketplace yang populer saat ini Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan lain-lain.

Situs-situs ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Pelajari lebih detail lagi kiat memasukkan produk dan berjualan di situs marketplace tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.