Sukses

BI: Layanan Penukaran Uang Lebaran hingga Perbatasan

45 kantor perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia melayani penukaran uang untuk Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperluas distribusi penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran. Bahkan, layanan penukaran ini hingga perbatasan.

Deputi Gubernur BI Sugeng menerangkan, terkait penukaran uang pihaknya telah membuka 77 kas keliling. 45 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia juga melayani penukaran uang untuk Lebaran.

"Jadi sudah 122 titik distribusi seluruh Indonesia," kata dia, di Lapangan IRTI Monas Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dia mengatakan, penukaran juga dilakukan di wilayah dengan kategori 3T yakni terluar, terpencil dan terdepan.

"Bapak Presiden sudah membangun perbatasan Indonesia dengan negara lain dengan bangunan sangat bagus. Nanti di perbatasan di kota dengan 3T tadi akan kami supply juga dengan kecukupan uang yang beredar di situ. Jadi uang beredar di perbatasan harus ada, harus beredar di situ," jelas dia.

Direktur Pengelolaan Uang BI Suhaedi mengatakan, selain Kantor Perwakilan BI, penukaran uang juga bisa dilakukan di kantor bank.

"Dukungan perbankan diwujudkan dengan pelayanan di kantor bank, sejumlah kantor bank di Jabodetabek sekitar 200 kantor juga melayani penukaran uang pecahan kecil," ungkap dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat resmi. Ini penting untuk menghindari peredaran uang palsu. Di samping itu, masyarakat juga mendapat keuntungan karena tidak dipungut biaya.

Terkait dengan wilayah pinggiran, Suhaedi mengatakan, BI bekerjasama dengan perbankan akan melayani penukaran uang di wilayah tersebut.

"Layanan daerah terpencil, BI dengan beberapa bank juga melakukan pelayanan pada 3T tadi. Daerah tidak ada kantor bank, terluar, terdepan, terpencil juga beberapa hari dalam Ramadan akan melakukan pelayanan. Beberapa bisa disebutkan Bank Mandiri, jadi nanti akan diikuti bank lain mudah-mudahan bisa sama-sama," ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.