Sukses

Hindari Kesalahan Kelola Keuangan Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Dalam beberapa kasus cukup banyak orang yang masih single atau hidup sendiri gagal dalam mengelola keuangannya.

Akan tetapi justru setelah berumah tangga mereka dapat mengelola keuangan dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Kegagalan dalam mengelola keuangan keluarga terjadi diakibatkan oleh kesalahan, baik kesalahan besar atau kecil yang dilakukan individu yang bersangkutan.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang acapkali terjadi dalam mengelola keuangan keluarga, seperti dikutip dari Laruno, Senin (1/5/2017):

1. Tidak membuat anggaran rumah tangga

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, pasangan suami-istri bertanggung jawab penuh atas kelangsungan kehidupan rumah tangganya. Anda harus bisa mengelola segala sesuatunya dengan baik, termasuk urusan keuangan.

Agar kondisi keuangan Anda baik, maka Anda harus membuat anggaran belanja rumah tangga secara periodik. Seringkali suami-istri mengabaikan hal ini padahal sangat mempengaruhi keuangan rumah tangga. Salah satu anggaran yang harus dibuat adalah anggaran pendidikan anak.

2. Pengeluaran yang tidak terkontrol

Pengeluaran yang tidak terkontrol bisa disebabkan oleh tidak adanya anggaran yang disusun.

Jika Anda memiliki anggaran bulanan, maka pengeluaran yang tidak terkendali dapat dihindari. Yang harus Anda sadari adalah pengeluaran atau membelanjakan uang yang tidak terkontrol akan memperburuk kondisi keuangan Anda.

2 dari 2 halaman

Tak Buat Rencana Jangka Panjang


3. Tidak membuat rencana jangka panjang

Rencana jangka panjang harus Anda buat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada keuangan Anda.

Membuat rencana jangka panjang ini hendaknya dibuat sedari awal pernikahan Anda. Bicarakan dengan pasangan untuk menentukan apa yang menjadi tujuan dan prioritas bersama.

4. Kesalahan dalam memilih asuransi

Asuransi adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang. Namun tidak semua orang berinvestasi dalam asuransi. Saat ini sudah banyak jasa penyedia asuransi yang menawarkan berbagai program asuransi.

Meskipun demikian jangan sembarangan memutuskan memilh asuransi. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

5. Tergesa-gesa berinvestasi

Kesalahan yang dimaksud dalam hal ini adalah Anda berinvestasi tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Anda hanya mengikuti tren investasi yang sedang booming dan mengabaikan resiko yang bisa ditimbulkannya. Investasi memang penting terlebih untuk jangka panjang.

Namun memutuskan untuk berinvestasi harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian.

Itulah beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan yang perlu Anda dan pasangan yang harus dihindari. Mengevaluasi diri dan pasangan serta berdiskusi untuk menentukan pilihan yang terbaik bagi keluarga merupakan langkah terbaik yang bisa Anda ambil.


Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik belajar.me

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda Disini




 

 

Meme Saat Tanggal Tua Ini Bikin Ngakak!

Tutup Video