Sukses

4 Tips Agar Konsumen Mau Memberi Testimoni

Testimonial atau ulasan konsumen setelah mengunakan produk Anda tentu penting bagi bisnis Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Testimonial atau ulasan konsumen setelah mengunakan produk Anda tentu penting bagi bisnis Anda. Hal ini merupakan penilaian yang diberikan konsumen mengenai produk Anda agar Anda dapat mengetahui apakah konsumen puas atau tidak.

Sehingga dapat dilakukan perbaikan atau inovasi yang lebih baik lagi bagi bisnis Anda. Namun hanya sebagian konsumen saja yang mau memberikan testimoni atau ulasan mengenai produk Anda.

Berikut ini adalah beberapa jurus yang bisa Anda lakukan untuk menarik customer agar bersedia memberikan testimoni seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Sesuai dengan target market

Agar tujuan Anda untuk mendapatkan review customer tepat sasaran, maka Anda harus terlebih dahulu mempelajari target pasar Anda.

Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak muda atau dewasa, maka Anda dapat meminta mereka untuk memberikan ulasan karena mereka sudah familiar dengan teknologi internet. 

2. Menyampaikan dengan efektif

Anda tidak hanya berdiam diri dan menunggu customer untuk memberikan reviewnya. Anda dapat menyampaikan keinginan Anda tersebut kepada konsumen dengan efektif.

Strategi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan gift atau souvenir yang dapat berupa voucher potongan harga atau merchandise promo bagi customer yang memberikan ulasannya. Dalam menerapkan strategi tersebut, Anda dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Review konsumen



3. Memberikan kemudahan agar konsumen memberikan review

Terkadang konsumen kesulitan dalam menemukan fitur yang digunakan untuk memberikan masukan tersebut. Karena itu, menyediakan fitur yang mudah digunakan sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha online.

Misalnya dengan mengirimkan ulasan melalui email atau memberikan komentar di sosial media. Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di Sini

4. Terbuka terhadap review negatif

Dalam memberikan review, konsumen tidak hanya akan memberikan review yang positif saja, tapi juga yang negatif. Dengan mendapatkan review negatif, maka Anda dapat mengevaluasi kinerja bisnis Anda dan segera memperbaikinya.

Itulah beberapa tips agar konsumen mau memberikan ulasan mengenai bisnis atau produk Anda. Semoga bermanfaat
Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini