Sukses

Mentan Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Kementerian Pertanian akan memberikan benih dan pupuk untuk lahan seluas 10 ribu hektar kepada KPPI.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mendorong peran wanita dalam mendorong ketahanan pangan Indonesia. Oleh karena itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan kaum wanita yang tergabung dalam Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, MoU tersebut merupakan upaya untuk mendorong ketersediaan pangan. Caranya, dengan pengoptimalan lahan pekarangan yang ada.

Amran sendiri menjanjikan benih dan pupuk untuk lahan seluas 10 ribu ha secara gratis kepada KPPI. Kementan sendiri telah menganggarkan dana sebanyak Rp 20 miliar.

"Melalui 44 BPTP yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dapat langsung mengambil benih cabai, bawang, jagung dan ayam secara gratis dengan menunjukan MoU yang telah dilakukan tadi," kata dia di Jakarta, Rabu (2/2/2017).

Menurut dia, acara ini merupakan sinergi pemerintah dengan KPPI. Sehingga, ke depan akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Pada kesempatan itu, Kementan juga membagikan paket bibit 11 anggota perwakilan KPPI. Paket tersebut seperti bibit cabai, jagung dan lainnya.

Sebagai tambahan, bibit tersebut diberikan pada acara pelantikan dan rapat kerja DPP KPPI periode 2016-2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini